GEOLOGI DAN STUDI ALTERASI HIDROTERMAL DAERAH SOMOREJO DAN SEKITARNYA, KECAMATAN BAGELAN, KAB. PURWOREJO, JAWA TENGAH

WIDYA A, ANGGA (2019) GEOLOGI DAN STUDI ALTERASI HIDROTERMAL DAERAH SOMOREJO DAN SEKITARNYA, KECAMATAN BAGELAN, KAB. PURWOREJO, JAWA TENGAH. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (252kB) | Preview
[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (249kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (275kB) | Preview
[thumbnail of LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (812kB) | Preview
[thumbnail of SKRIPSI--compressed.pdf] Text
SKRIPSI--compressed.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Daerah penelitian secara administratif berada di Desa Somorejo dan sekitarnya, Kec. Bagelen, Kab. Purworejo, Jawa Tengah. Secara geografis daerah penelitian adalah 9132000mU – 9137000mU dan 392700mT – 397700mT (UTM Zona 49S) dengan luas 25km2. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tatanan geologi, struktur geologi yang berkembang dan alterasi hidrotermal pada daerah penelitian. Secara geomorfologi daerah penelitian merupakan suatu lereng gunung api purba dengan bentuk lahan berupa perbukitan sisa vulkanik yang telah tererosi kuat. Pola pengaliran yang berkembang adalah pola subdendritik dan subtrelis. Pola-pola ini dikontrol oleh rekahan maupun sesar yang terbentuk.
Struktur geologi yang berkembang didaerah penelitian merupakan sesar kanan dan kiri dengan arah tegasan relatif utara-selatan. Sesar-sesar ini memotong satuan batuan formasi kaligesing dan intrusi dasit yang menyebabkan terjadinya erosi dan pelapukan. Selain itu, sesar kanan pada daerah penelitian juga sebagai media terbentuknya alterasi pada daeerah penelitian. Stratigrafi daerah penelitian terdiri dari Satuan lava-andesit Kaligesing (Oligosen-Miosen) merupakan satuan tertua yang diendapkan bersamaan dengan satuan breksi piroklastk jatuhan Kaligesing (Oligosen-Miosen) pada saat masih ada aktivitas vulkanisme di pegunungan Kulonprogo. Kemudian satuan batuan ini diterobos oleh dasit yang berumur Miosen. Kemudian mengalami fase tektonik lebih lanjut sehingga tersingkap ke permukaan dan mengalami pelapukan dan erosi
Alterasi di daerah penelitian dibagi menjadi 3 zona berdasarkan himpunan mineralnya. Himpunan mineral klorit+kalsit+pirit berdasarkan analisa petrografi identik dengan zona ubahan propilitik. Himpunan mineral kaolinit+smektit+ilit berdasarkan pada analisa XRD identik dengan zona ubahan argilik. Himpunan mineral kuarsa+ilit+pirit berdasarkan analisa XRD dan petrografi identik dengan zona ubahan silisik. Mineralisasi yang dapat dijumpai pada daerah penelitian antara lain ; pirit, hematit dan barit. Daerah penelitian memiliki karakteristik tipe endapan low sulfidation.
Kata Kunci : Geomorfologi, Struktur Geologi, Stratigrafi, Alterasi, Zona Ubahan

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QE Geology
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 17 Dec 2019 02:52
Last Modified: 09 Jan 2023 07:15
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/21841

Actions (login required)

View Item View Item