PERENCANAAN PERSEDIAAN BAHAN BAKU UNTUK PEMBUATAN SEMEN DENGAN MENGGUNAKAN METODE MATERIAL REQUIREMENT PLANNING (MRP) (Studi Kasus di PT Indocement Tunggal Prakarsa, Tbk., Cirebon, Jawa Barat)

Santoso, Reza (2019) PERENCANAAN PERSEDIAAN BAHAN BAKU UNTUK PEMBUATAN SEMEN DENGAN MENGGUNAKAN METODE MATERIAL REQUIREMENT PLANNING (MRP) (Studi Kasus di PT Indocement Tunggal Prakarsa, Tbk., Cirebon, Jawa Barat). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (236kB) | Preview
[img]
Preview
Other
Abstrak fix.PDF

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (243kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK PT. Indocement Tunggal Prakarsa, Tbk memiliki kriteria tersendiri dalam pemilihan bahan baku. Hanya bahan baku yang berkualitas baik yang memiliki sifat kering, proporsional, dan homogen yang dapat digunakan sebagai bahan baku produk semen. Diketahui dari komposisi penyusun semen selama 1 hari dibutuhkan bahan baku Trass 1200 ton (27%), Iron Sand 188 ton (2,5%), Silica Sand 379 ton (3%), dan Gypsum 144 ton (3%). Berdasarkan hasil audit 2017, dari 12 periode pembelian terdapat 5 periode yang mendapatkan rapor merah, artinya pengeluaran pada kelima periode tersebut melebihi biaya yang telah direncanakan yang disebabkan oleh tidak akuratnya perencanaan bahan baku. Penelitian ini bertujuan untuk penerapan pada perusahaan PT. Indocement Tunggal Prakarsa, Tbk. dalam merencanakan persediaan bahan baku produk semen agar mendapatkan biaya yang lebih rendah dengan menggunakan metode Material Requirement Planning (MRP). Konsep dari metode Material Requirement Planning (MRP) yang menggunakan teknik lotting, dimana teknik lotting yang digunakan adalah Economic Order Quantity (EOQ), Lot-For-Lot (LFL), Least Unit Cost (LUC), Periodic Order Quantity (POQ) serta menggunakan rumus peramalan Weighted Moving Average (WMA), Single Exponential Smoothing (SES), Centered Moving Average (3 CMA) sebagai acuan untuk mengetahui besarnya kebutuhan bahan baku dimasa mendatang. Hasil evaluasi dari penelitian perencanaan persediaan menggunakan metode Material Requirement Planning (MRP) dapat diterapkan pada perusahaan. Untuk teknik lotting sendiri, teknik yang paling tepat dapat diterapkan pada perusahaan adalah teknik lotting Lot for Lot (LFL) dengan nilai sebesar Rp. 7.341.473.780 jauh lebih rendah dibandingkan dengan biaya pengeluaran dari sistem pengadaan bahan baku yang diterapkan sekarang yaitu sebesar Rp. 7.697.141.724. Hasil perencanaan persediaan dalam penilitian ini diharapkan menjadi tolak ukur bagi perusahaan untuk memperbaiki perencanaan persediaan dimasa yang akan datang. Kata Kunci : Perencanaan Persediaan, Material Requirement Planning (MRP), Forecasting, Teknik LottingEconomic Order Quantity (EOQ), Lot-For-Lot (LFL), Least Unit Cost (LUC), Periodic Order Quantity (POQ)

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 10 Dec 2019 03:18
Last Modified: 10 Dec 2019 03:18
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/21821

Actions (login required)

View Item View Item