ANALISIS EFEKTIVITAS MESIN PRESS MENGGUNAKAN METODE OVERALL EQUIPMENT EFFECTIVENESS (OEE) DAN FAILURE MODE AND EFFECT ANALYSIS (FMEA) (Studi Kasus di PT Mekar Armada Jaya Magelang)

Cattleya, Nasha (2019) ANALISIS EFEKTIVITAS MESIN PRESS MENGGUNAKAN METODE OVERALL EQUIPMENT EFFECTIVENESS (OEE) DAN FAILURE MODE AND EFFECT ANALYSIS (FMEA) (Studi Kasus di PT Mekar Armada Jaya Magelang). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
3. COVER.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (501kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (37kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI.pdf

Download (109kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK PT Mekar Armada Jaya Divisi Stamping & Tools merupakan salah satu perusahaan manufaktur di Indonesia yang bergerak pada bidang otomotif sebagai produsen spare part mobil dan bus. Perusahaan menerapkan sistem make to order, dimana kondisi tersebut mengakibatkan menurunnya efektivitas mesin yang ditandai dengan terjadinya kerugian. Mesin press yang berada di Line B sering kali mengalami kerugian yang ditandai dengan besarnya nilai downtime serta nilai reject & rework pada bulan Juli 2017 - Juni 2018. Nilai downtime sebesar 87.887 menit dan nilai reject & rework sebesar 436.910 part. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat efektivitas mesin press Line B, dengan menggunakan meode Overall Equipment Effectiveness (OEE). Upaya yang dilakukan dalam penelitian ini, yaitu dengan menghitung nilai OEE untuk mengetahui faktor yang menjadi penyebab permasalahan yang ada pada perusahaan. Nilai OEE tersebut nantinya akan dijadikan dasar dalam menentukan langkah-langkah perbaikan yang tepat bagi perusahaan. Langkah selanjutnya yang digunakan untuk mendukung metode tersebut, yaitu mengidentifikasi penyebab, jenis dan efek dengan menggunakan Failure Mode and Effect Analysis (FMEA). FMEA tersebut digunakan untuk menentukan ulasan perbaikan terbaik dalam menyelesaikan permasalahan yang terjadi pada perusahaan. Berdasarkan perhitungan dengan menggunakan metode OEE diketahui nilai avaliability ratio sebesar 91,89%, nilai performance efficiency sebesar 88,19%, nilai rate of quality sebesar 84,52% dan nilai OEE sebesar 68,45%. Nilai performance efficiency dan rate of quality masih dibawah standar world class, sehingga fokus perbaikan dilakukan pada kedua faktor tersebut. Berdasarkan analisis dengan menggunakan metode FMEA, strategi perbaikan yang perlu dilakukan, yaitu melakukan penjadwalan ulang perawatan, melakukan pembersihan secara rutin, melakukan penjadwalan ulang proses cutting, melakukan pengecekan dan pemolesan secara berkala pada die face dan mengadakan training dan evaluasi untuk operator. Kata kunci : Overall Equipment Effectiveness (OEE), Failure Mode and Effect Analysis (FMEA), Efektivitas, Perawatan Mesin

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 10 Dec 2019 01:47
Last Modified: 10 Dec 2019 01:47
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/21811

Actions (login required)

View Item View Item