TEKNIK PENGENDALIAN KESTABILAN LERENG PADA PIT A DAN PIT B PENAMBANGAN ANDESIT PT.MINERAL DAYA GEMILANG DI DESA JATIMULYO KECAMATAN GIRIMULYO KABUPATEN KULONPROGO PROVINSI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Yoga Mahardika, Andika (2019) TEKNIK PENGENDALIAN KESTABILAN LERENG PADA PIT A DAN PIT B PENAMBANGAN ANDESIT PT.MINERAL DAYA GEMILANG DI DESA JATIMULYO KECAMATAN GIRIMULYO KABUPATEN KULONPROGO PROVINSI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[thumbnail of Abstrak.pdf]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (58kB) | Preview
[thumbnail of Cover.pdf]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (64kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (60kB) | Preview
[thumbnail of Pengesahan Skripsi.pdf]
Preview
Text
Pengesahan Skripsi.pdf

Download (230kB) | Preview
[thumbnail of Skripsi-S1-Andika-Yoga-M-114140102.pdf] Text
Skripsi-S1-Andika-Yoga-M-114140102.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)

Abstract

Area PIT A dan PIT B penambangan Andesit di Kabupaten Kulonprogo sudah menunjukan adanya indikasi akan terjadinya gerakan massa batuan. Hal ini disebabkan kondisi lereng yang terjal serta tidak adanya upaya mitigasi gerakan massa batuan. Tujuan penelitian adalah 1). mengetahui tingkat kestabilan suatu lereng akibat penambangan Andesit, 2). menganalisis faktor-faktor yang berpengaruh terhadap terjadinya gerakan massa tanah dan/atau batuan dan jenis gerakan massa tanah dan/atau batuan yang terjadi, 3). membuat model rekayasa lereng yang sesuai dengan kondisi di area bekas penambangan.
Metode yang digunakan untuk mengetahui tingkat kestabilan yaitu Evaluasi data terhadap kestabilan lereng berdasarkan analisis nilai faktor keamanan menggunakan RocPlane dan Markland sesuai dengan jenis gerakan massa batuan yang terjadi yaitu gerakan massa batuan jatuhan (Rock Fall). Analisis faktor-faktor menggunakan pengamatan dan pengukuran di lapangan, analisis batuan pada laboratorium yaitu sifat fisik (bobot isi) dan mekanika batuan (kohesi dan sudut geser dalam). Rekayasa lereng menggunakan dasar Keputusan Menteri ESDM RI No. 1827 K/30/MEM/2018 tentang Pedoman Pelaksanaan Kaidah Teknik Pertambangan Yang Baik serta kembali dihitung tingkat kestabilannya hingga diketahui lereng tersebut stabil.
Hasil dari kajian stabilitas lereng pada lahan bekas tambang andesit di Dusun Sonyo diketahui kondisi geologi di daerah penelitian yaitu terdiri dari dominasi satuan batuan andesit dan beberapa singkapan breksi fragmen andesit. PIT A merupakan lereng tidak stabil dengan nilai FK 1,10 dan PIT B merupakan lereng kurang stabil dengan nilai FK 1,11 yang menunjukkan bahwa lereng tersebut merupakan lereng yang sangat rawan terhadap gerakan massa batuan. Faktor-faktor yang berpengaruh antara lain: 1). bentuklahan, 2). kondisi geologi, 3). perubahan sifat fisik batuan, dan 4). aktivitas penambangan. Pengendalian gerakan massa batuan menggunakan pendekatan rekayasa mekanis (pemotongan lereng (resloping)) dengan ditunjang pendekatan sosial ekonomi dan pendekatan institusi. Selain itu rekayasa mekanis penunjangnya adalah pembuatan parit penangkap.
Kata Kunci: Gerakan Massa Batuan, Kestabilan Lereng, Faktor Keamanan, Program RocPlane, Tambang Andesit.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Chemistry
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 05 Dec 2019 06:36
Last Modified: 27 Dec 2022 01:19
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/21792

Actions (login required)

View Item View Item