TEKNIK KONSERVASI MATA AIR MUDAL SEBAGAI SUMBER AIR BERSIH DI DUSUN WATUGAJAH DESA GIRIJATI KECAMATAN PURWOSARI KABUPATEN GUNUNGKIDUL DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Ghifari, Itsna Luthfiyatul (2019) TEKNIK KONSERVASI MATA AIR MUDAL SEBAGAI SUMBER AIR BERSIH DI DUSUN WATUGAJAH DESA GIRIJATI KECAMATAN PURWOSARI KABUPATEN GUNUNGKIDUL DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Cover S1 Itsna L.G.-114150023 Teknik Lingkungan.pdf

Download (301kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak S1 Itsna L.G.-114150023 Teknik Lingkungan.pdf

Download (187kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Pengesahan S1 Itsna L.G.-114150023 Teknik Lingkungan.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi S1 Itsna L.G.-114150023 Teknik Lingkungan.pdf

Download (315kB) | Preview
[img] Text
Skripsi S1 Itsna L.G.-114150023 Teknik Lingkungan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)

Abstract

Jumlah penduduk di Dusun Watugajah, Desa Girijati, Kecamatan Purwosari, Kabupaten Gunungkidul, DIY mengalami penaikan sebesar 1,71% pada setiap tahunnya berdasarkan Data BPS Purwosari, Kabupaten Gunungkidul, yang menyebabkan kebutuhan air semakin meningkat juga. Mataair Mudal memiliki debit yang kecil saat musim kemarau sehingga menyebabkan banyak warga yang tidak mendapatkan pasokan air bersih. Para penduduk harus bergantian melakukan pengaliran mataair tersebut ke rumah-rumah karena belum memiliki bak penampungan dan sistem perpipaan yang belum bisa mendistribusikan air dengan baik. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui tipe mataair, untuk menganalisis potensi mataair dalam aspek kualitas dan kuantitas sehingga bisa menentukan arahan konservasi mataair dan daerah imbuhan yang tepat. Metode yang digunakan yaitu metode survei dan pemetaan lapangan, metode matematis dan uji laboratorium, metode wawancara, dan metode evaluasi. Karakteristik yang dikaji berupa tipe mataair berdasarkan sifat pengaliran, debit, dan tenaga gravitasi. Potensi mataair diketahui dari debit (kuantitas) dan kualitas mataair. Kualitas mataair diketahui menggunakan analisis laboratorium dan uji langsung di lapangan. Parameter yang digunakan untuk analisis kualitas secara keseluruhan yaitu sifat fisik (warna, bau, rasa, kekeruhan, suhu, TSS dan TDS), sifat kimia (CaCO3, BOD, COD, dan DO), dan sifat biologi (total coliform) dengan acuan Peraturan Menteri Kesehatan No 492 Tahun 2010 tentang Persyaratan Kualitas Air Minum untuk Parameter kesadahan dan Peraturan Gubernur DIY No. 20 Tahun 2008 Kelas I untuk parameter lainnya. Berdasarkan hasil penelitian, Mataair Mudal termasuk kedalam tipe mataair voklus berdasarkan tenaga gravitasinya, dengan sifat pengaliran menahun/perennial dan memiliki debit rata-rata 0,9616 liter/detik pada saat musim penghujan (Bulan Februari, Maret, April), rata-rata debit 0,6791 l/detik pada saat masa trasnsisi (Bulan Mei dan Juni), dan rata-rata debit 0,3125 l/detik pada saat musim kemarau (Bulan September), dimana pada ketiga masuk kedalam kelas debit VI. Kuantitas mata air di daerah penelitian dapat memenuhi kebutuhan air penduduk Dusun Watugajah Tahun 2029 dengan kebutuhan sebesar 10.640 liter/bulan. Kualitas Mata Air keseluruhan mata air memiliki kualitas yang cukup baik untuk dijadikan sebagai pemenuhan dalam kebutuhan air bersih. Namun, terdapat beberapa parameter yang melebihi bakumutu yaitu parameter TSS, COD, pH, dan Total Coliform. Teknik konservasi mataair yang dilakukan yaitu pembuatan bak penangkap mataair, bak penampung, serta sistem perpipaan dan distribusi dengan menggunakan pompa. Pengelolaan daerah imbuhan dilakukan dengan penanaman rumput dan pohon jati, pembuatan pematang bulan sabit, serta pendekatan ke masyarakat dan pemerintahan.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Tipe Mataai; Mataair Mudal; Konservasi Mataair.
Subjects: T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Civil Engineering and the Environment
Depositing User: Nurul Alifah Rahmawati
Date Deposited: 26 Nov 2019 06:59
Last Modified: 26 Nov 2019 06:59
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/21768

Actions (login required)

View Item View Item