KAJIAN KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA KEGIATAN PENAMBANGAN BATUAN ANDESIT SITE A PT. HARMAK INDONESIA KECAMATAN KOKAP KABUPATEN KULON PROGO D.I.YOGYAKARTA

WARJIYANTO, ARIEF (2019) KAJIAN KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA KEGIATAN PENAMBANGAN BATUAN ANDESIT SITE A PT. HARMAK INDONESIA KECAMATAN KOKAP KABUPATEN KULON PROGO D.I.YOGYAKARTA. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
1. COVER HAL PENGESAHAN-dikonversi.pdf

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. pengesahan ttd cap ok.pdf.pdf

Download (361kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2.1 ringkasan.pdf

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2.2 dftar isi.pdf

Download (37kB) | Preview
[img] Text
skripsii fix jadi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

PT. Harmak Indonesia merupakan salah satu perusahaan pertambangan yang mengelola kekayaan alam berupa batuan andesit. Sistem penambangan yang dilakukan adalah sistem tambang terbuka (Surface Mining) dengan metode quarry yang terletak di Desa Hargowilis, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Rumusan masalah dalam penelitian ini ialah masih terdapatnya kecelakaan pada area penambangan batuan andesit dikarenakan kondisi dan tindakan kerja yang kurang aman sehingga diperlukannya penerapan sistem keselamatan dan kesehatan kerja yang baik untuk mendorong minimalisi berbagai kecelakaan pada setiap tahapan kegiatan penambangan batuan andesit. Tujuan penelitian ini dilakukan anatara lain mengkaji faktor-faktor yang menyebabkan sering terjadinya kecelakaan pada area penambangan batuan andesit., menghitung tingkat kekerapan kecelakaan (Frequency Rate) serta tingkat keparahan kecelakaan (Severity Rate), dan upaya agar kecelakaan sejenis tidak terjadi lagi dengan melakukan evaluasi kinerja untuk menurunkan tingkat kecelakaan kerja. Berdasarkan hasil penelitian, maka dilakukan analisis mengenai tingkat kecelakaan menggunakan teori Domino Heinrich dan perhitungan statistik kecelakaan dengan menghitung tingkat kekerapan (frequency rate) dan tingkat keparahan (severity rate), ditemukan bahwa peningkatan jumlah kecelakaan kerja dari tahun 2016 sampai dengan 2017 disebabkan karena penurunan kualitas kesadaran pekerja terhadap tindakan tidak aman (unsafe act) yang menyebabkan terjadinya 3 kecelakaan yang disebabkan oleh tindakan tidak aman (unsafe act) oleh pekerja di area penambangan batuan andesit, serta tingkat kekerapan (frequency rate) untuk tahun 2015 sampai dengan 2017 berturut-turut untuk setiap tahunnya adalah sebesar 0, 8, dan 9, dan tingkat keparahan (severity rate) nya sebesar 8, 0, dan 9.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
T Technology > TN Mining engineering. Metallurgy
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 20 Nov 2019 06:54
Last Modified: 20 Nov 2019 06:54
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/21760

Actions (login required)

View Item View Item