ANALISIS RISIKO JALAN PERTAMBANGAN PADA PROSES PENGANGKUTAN DARI PIT BLAMBANGAN KE WASTE DUMP INPIT PADJAJARAN BERDASARKAN KEPMEN ESDM NO.1827 K/30/MEM/2018 PT. TAMBANG TONDANO NUSAJAYA

LIMBOKI, NADINE EKLISARIA (2019) ANALISIS RISIKO JALAN PERTAMBANGAN PADA PROSES PENGANGKUTAN DARI PIT BLAMBANGAN KE WASTE DUMP INPIT PADJAJARAN BERDASARKAN KEPMEN ESDM NO.1827 K/30/MEM/2018 PT. TAMBANG TONDANO NUSAJAYA. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (247kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (79kB) | Preview

Abstract

RINGKASAN Toka Tindung Gold Mine Project adalah suatu proyek penambangan emas yang dimiliki oleh PT. Mearnes Soputan Mining (PT. MSM) dan PT. Tambang Tondano Nusajaya (PT. TTN). Kegiatan penambangan dilakukan dengan sistem tambang terbuka. Penambangan diawali dengan melakukan proses pembongkaran material yang meliputi kegiatan pengeboran dan peledakan, kemudian setelah mendapat material hasil pembongkaran berupa material bijih dan material tanah penutup, dilakukan pemuatan dan pengangkutan. Material tanah penutup yang diangkut dari Pit Blambangan akan langsung dibawa ke Waste Dump Inpit Dump Padjajaran (IPD Padjajaran). Salah satu aspek terpenting dari operasi pertambangan yaitu keselamatan kerja. Menurut Mine Safety and Health Administration (MSHA) dari tahun 2008 hingga 2017 kegiatan yang paling sering terjadi kecelakaan pada kategori power haulage yaitu proses pengangkutan (26 kasus) dengan penyebab terbanyak yaitu kurangnya analisa resiko. Berdasarkan catatan tersebut, diperlukannya analisa resiko pada proses pengangkutan di PT. Tambang Tondano Nusajaya terutama pada proses pengangkutan dari Pit Blambangan menuju Waste Dump Inpit Padjajaran agar nantinya tidak terjadi peristiwa yang tidak diinginkan. Identifikasi resiko pada penelitian ini dibagi menjadi dua berdasarkan sumber risikonya, yaitu risiko yang disebabkan oleh kondisi tidak aman dan risiko yang sebabkan oleh tindakan tidak aman. Dari resiko-risiko yang terlah diidentifikasi selanjutnya dilakukan penilaian terhadap tingkat risikonya meliputi kemungkinan terjadi dan konsekuensinya berdasarkan pada data yang diberikan oleh MSHA dengan jenis analisis semi-kuantitatif. Jika tingkat risiko berada diatas ringan, maka diperlukan pengendalian untuk menurunkan tingkat risiko yang ada. Pengendalian risiko dapat bersifat menurunkan konsekuensi maupun menurunkan kemungkinan terjadinya hingga tingkat risiko menjadi ringan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 13 Nov 2019 04:49
Last Modified: 13 Nov 2019 04:49
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/21724

Actions (login required)

View Item View Item