LIMBOKI, NADINE EKLISARIA (2019) ANALISIS RISIKO JALAN PERTAMBANGAN PADA PROSES PENGANGKUTAN DARI PIT BLAMBANGAN KE WASTE DUMP INPIT PADJAJARAN BERDASARKAN KEPMEN ESDM NO.1827 K/30/MEM/2018 PT. TAMBANG TONDANO NUSAJAYA. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.
Preview |
Text
COVER.pdf Download (106kB) | Preview |
Preview |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (247kB) | Preview |
Preview |
Text
ABSTRAK.pdf Download (215kB) | Preview |
Preview |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (79kB) | Preview |
Abstract
RINGKASAN
Toka Tindung Gold Mine Project adalah suatu proyek penambangan emas
yang dimiliki oleh PT. Mearnes Soputan Mining (PT. MSM) dan PT. Tambang
Tondano Nusajaya (PT. TTN). Kegiatan penambangan dilakukan dengan sistem
tambang terbuka. Penambangan diawali dengan melakukan proses pembongkaran
material yang meliputi kegiatan pengeboran dan peledakan, kemudian setelah
mendapat material hasil pembongkaran berupa material bijih dan material tanah
penutup, dilakukan pemuatan dan pengangkutan. Material tanah penutup yang
diangkut dari Pit Blambangan akan langsung dibawa ke Waste Dump Inpit Dump
Padjajaran (IPD Padjajaran).
Salah satu aspek terpenting dari operasi pertambangan yaitu keselamatan
kerja. Menurut Mine Safety and Health Administration (MSHA) dari tahun 2008
hingga 2017 kegiatan yang paling sering terjadi kecelakaan pada kategori power
haulage yaitu proses pengangkutan (26 kasus) dengan penyebab terbanyak yaitu
kurangnya analisa resiko. Berdasarkan catatan tersebut, diperlukannya analisa
resiko pada proses pengangkutan di PT. Tambang Tondano Nusajaya terutama
pada proses pengangkutan dari Pit Blambangan menuju Waste Dump Inpit
Padjajaran agar nantinya tidak terjadi peristiwa yang tidak diinginkan.
Identifikasi resiko pada penelitian ini dibagi menjadi dua berdasarkan
sumber risikonya, yaitu risiko yang disebabkan oleh kondisi tidak aman dan risiko
yang sebabkan oleh tindakan tidak aman. Dari resiko-risiko yang terlah
diidentifikasi selanjutnya dilakukan penilaian terhadap tingkat risikonya meliputi
kemungkinan terjadi dan konsekuensinya berdasarkan pada data yang diberikan
oleh MSHA dengan jenis analisis semi-kuantitatif. Jika tingkat risiko berada
diatas ringan, maka diperlukan pengendalian untuk menurunkan tingkat risiko
yang ada. Pengendalian risiko dapat bersifat menurunkan konsekuensi maupun
menurunkan kemungkinan terjadinya hingga tingkat risiko menjadi ringan.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjek: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | x. Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences |
Depositing User: | Basir Umaryadi |
Date Deposited: | 13 Nov 2019 04:49 |
Last Modified: | 13 Nov 2019 04:49 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/21724 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |