STRATEGI PENINGKATAN MUTU LULUSAN BERBASIS OUTCOMES (Studi Kasus di Program Studi Teknik Industri Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta)

Heryanto, Heryanto (2019) STRATEGI PENINGKATAN MUTU LULUSAN BERBASIS OUTCOMES (Studi Kasus di Program Studi Teknik Industri Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta). Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (459kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (553kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (604kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (456kB) | Preview

Abstract

Program Studi sarjana Teknik Industri Universitas Pembangunan Nasional “Veteran“ Yogyakarta merupakan salah satu program studi yang menghasilkan sumber daya manusia di bidang keteknikan. Seiring dengan perubahan instrumen akreditasi yang awalnya berbasis input menjadi output dan outcome, program studi juga harus memperhatikan perubahan pada penilaian akreditasi tersebut yaitu melakukan perbaikan pada mutu lulusan yang dihasilkan. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan strategi dalam meningkatkan mutu lulusan sarjana Teknik Industri Universitas Pembangunan Nasional “Veteran“ Yogyakarta dengan penilaian dari pengguna lulusan. Penelitian ini menggunakan metode kuesioner dalam pengumpulan data. Pengolahan data dilakukan dengan analisis SWOT. Analisis SWOT merupakan instrumen yang ampuh dalam melakukan analisis strategi yaitu memaksimalkan peranan faktor kekuatan dan pemanfaatan peluang sehingga sekaligus berperan sebagai alat untuk meminimalisasi kelemahan yang ada dan menekan dampak ancaman yang timbul dan harus dihadapi. Analisis SWOT dimulai dengan mengidentifikasi faktor internal dan eksternal yang kemudian digunakan untuk menentukan strategi dengan matriks SWOT. Hasil pengolahan data menggunakan matriks SWOT dapat disimpulkan bahwa terdapat empat tipe strategi alternatif yang dapat digunakan dalam meningkatkan mutu lulusan yaitu strategi SO, WO, ST, dan WT. Salah satu strategi SO adalah mendorong mahasiswa dalam membentuk kelompok belajar studi kasus industri maupun UMKM. Strategi WO dengan menerapkan metode pembelajaran student centered learning. Strategi ST dengan melakukan sosialisasi visi dan misi terhadap seluruh elemen agar dapat berkontribusi dalam pencapaian peringkat yang diinginkan. Strategi WT yaitu dengan mewajibkan nilai standar TOEFL yang diperoleh mahasiswa dari lembaga yang kredibel.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Teknik Industri UPN “Veteran“ Yogyakarta, akreditasi, outcomes, pengguna lulusan, SWOT
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Nurul Alifah Rahmawati
Date Deposited: 13 Nov 2019 04:49
Last Modified: 13 Nov 2019 04:49
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/21723

Actions (login required)

View Item View Item