ANALISIS KAPABILITAS PROSES PENGOLAHAN LIMBAH CAIR MENGGUNAKAN METODE PROCESS CAPABILITY ANALYSYS DAN FMEA PADA INDUSTRI KERTAS (Studi Kasus di PT Indah Kiat Pulp & Paper Tbk, Serang Mill)

Fachry, Faisal (2019) ANALISIS KAPABILITAS PROSES PENGOLAHAN LIMBAH CAIR MENGGUNAKAN METODE PROCESS CAPABILITY ANALYSYS DAN FMEA PADA INDUSTRI KERTAS (Studi Kasus di PT Indah Kiat Pulp & Paper Tbk, Serang Mill). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Cover Skripsi_Faisal Fachry.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Pengesahan_Faisal Fachry.pdf

Download (319kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak_Faisal Fachry.pdf

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi_Faisal Fachry.pdf

Download (38kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK PT Indah Kiat Pulp and Paper, Tbk. Serang Mill (IKPP) adalah perusahaan yang bergerak dalam industri kertas. Pasar saat ini menghendaki suatu industri yang ramah dan peduli lingkungan, yaitu industri yang memenuhi persyaratan sesuai dengan regulasi ISO 14000. Salah satu regulasi dari badan ISO 14000 yaitu dengan adanya sistem pengelolaan lingkungan yang memadai dan ramah terhadap lingkungan. Saat ini nilai parameter COD dan TSS mempunyai grafik yang fluktuatif dengan nilai maksimal 377ppm dan nilai minimal 25ppm untuk parameter COD, dan nilai maksimal 116ppm dan nilai minimal 2ppm untuk paramater TSS, kondisi mesin yang tidak stabil dan frekuensi kerusakan yang tinggi pada komponen-komponen kritisnya dapat menyebabkan menyimpangnya nilai-nilai parameter air limbah yang di proses pada Waste Water Treatment 1. Nilai parameter air pada proses pengolahan air limbah sangat mempengaruhi kualitas air limbah yang akan dilepas ke lingkungan. Proses pengolahan air limbah membutuhkan penentuan indeks kapabilitas proses, hal ini akan mempermudah proses evaluasi. Kualitas produksi ditentukan oleh kualitas proses. Konsep ini telah melahirkan istilah kemampuan proses atau Process Capability (Cp). Analisis kapabilitas proses merupakan suatu tahapan yang harus dilakukan ketika melakukan pengendalian kualitas proses. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis kapabilitas proses pengolahan limbah cair, melakukan identifikasi faktor-faktor penyebab hasil pengolahan limbah tidak sesuai standar yang telah ditetapkan, dan memberikan usulan dan saran perbaikan untuk mengendalikan kualitas air limbah tetap sesuai standar. Dari hasil analisis kapabilitas proses menunjukkan bahwa nilai (Cp) dan TSS yaitu 0,57 dan nilai (Cp) parameter COD yaitu 0,82 menunjukkan bahwa proses pengolahan air limbah cair diindikasikan kurang baik. Hasil analisis FMEA menunjukkan bahwa faktor utama dari kegagalan proses adalah Penggunaan bahan kimia aditif yang dosisnya tidak terukur. Usulan perbaikan untuk faktor tersebut adalah dengan menginstalasi Flowmeter Ultrasonik pada unit Mixing Tank. Kata kunci: Analisis Kapabilitas Proses, FMEA, Process Capability (Cp), COD, TSS.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 13 Nov 2019 02:59
Last Modified: 13 Nov 2019 02:59
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/21719

Actions (login required)

View Item View Item