PERSEPSI IBU-IBU RUMAH TANGGA TERHADAP VIDEO DOKUMENTER POLEMIK POLIGAMI DI INDONESIA: BERBAGI SURGA DI YOUTUBE (Studi Kasus Pada Ibu-Ibu Kelompok Mantan Wali Murid SD Masjid Syuhada Yogyakarta)

Aini, Nur (2019) PERSEPSI IBU-IBU RUMAH TANGGA TERHADAP VIDEO DOKUMENTER POLEMIK POLIGAMI DI INDONESIA: BERBAGI SURGA DI YOUTUBE (Studi Kasus Pada Ibu-Ibu Kelompok Mantan Wali Murid SD Masjid Syuhada Yogyakarta). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[img] Text
1. Skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)
[img]
Preview
Text
2. Abstrak.pdf

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. Cover.pdf

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. Hlm Pengesahan.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. Daftar Isi.pdf

Download (17kB) | Preview

Abstract

Agama memegang teguh kehidupan orang di Indonesia tidak terkecuali apapun keyakinannya, tetapi hanya poligami yang dapat memecah belah umat dengan segala pro dan kontranya. Video dokumenter dari Vice Indonesia mengangkat isu poligami dalam salah satu karyanya. Menampilkan bagaimana kehidupan dari hubungan poligami, tanggapan dari orang yang berani meninggalkan kehidupan poligami serta akademisi Islam. Penelitian ini bertujuan mengetahui bagaimana persepsi ibu-ibu rumah tangga terhadap video dokumenter tersebut. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif. Responden dalam penelitian ini adalah ibu-ibu dalam kelompok mantan wali murid SD Masjid Syuhada angkatan tahun 2017, sebanyak 30 orang. Penelitian ini menggunakan teori disonansi kognitif. Keterkaitannya dengan persepsi karena teori ini memprediksi bahwa orang akan menghindari informasi yang meningkatkan disonansi. Hal yang dipersepsikan dibagi menjadi empat yaitu: sikap adil dalam hubungan poligami, peluang bagi suami untuk berpoligami, penerimanaan istri terhadap suami yang berpoligami serta keterkaitan antara agama dan poligami. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum jawaban repsonden positif karena inti dari video merupakan kritikan. Menunjukkan penolakan akan praktik hubungan poligami. Kata Kunci: Persepsi, Dokumenter, Poligami

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 07 Nov 2019 01:52
Last Modified: 07 Nov 2019 01:52
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/21673

Actions (login required)

View Item View Item