PENENTUAN LOKASI SUMUR-SUMUR INFILL UNTUK PENINGKATAN PEROLEHAN PRODUKSI RESERVOIR MINYAK “RADIT” LAPANGAN “KIAGUS” DENGAN MENGGUNAKAN METODE SIMULASI RESERVOIR

SAPUTRA, KA. RAJES ADITIYA (2019) PENENTUAN LOKASI SUMUR-SUMUR INFILL UNTUK PENINGKATAN PEROLEHAN PRODUKSI RESERVOIR MINYAK “RADIT” LAPANGAN “KIAGUS” DENGAN MENGGUNAKAN METODE SIMULASI RESERVOIR. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (39kB) | Preview

Abstract

Lapangan “KIAGUS” dikelola oleh PT. PERTAMINA EP ASSET 1 dan telah berproduksi sejak Agustus 1994 hingga Agustus 2019. Lapangan “KIAGUS” terbagi menjadi 2 pool yaitu Pool A dan Pool B, dimana Reservoir “RADIT” terletak pada pool A yang memiliki 56 sumur, yang terdiri dari 24 sumur produksi (16 diproduksi secara natural flow dan 8 sumur menggunakan gas lift), dan 32 sumur produksi shut in pada akhir sejarah produksi (Agustus 2019) serta terdapat pula 2 sumur injeksi gas (1 sumur injeksi gas shut in) dan 5 sumur injeksi air (4 sumur injeksi air shut in) pada akhir sejarah produksi (Agustus 2019). Nilai OOIP pada Reservoir “RADIT” Lapangan “KIAGUS” sebesar 160.34 MMSTB. Untuk besarnya cadangan yang bisa diproduksikan (EUR) berdasarkan nilai RF menggunakan metode JJ. Arps (48.21%) sebesar 77.30 MMSTB, untuk kumulatif produksi minyak (Np@Aug2019) sebesar 59.596 MMSTB, untuk nilai cadangan sisa (RR) sebesar 17.699 MMSTB dan kumulatif produksi gas (GpAug2019) sebesar 145.780 BSCF. Permasalahannya yaitu faktor-faktor apa yang perlu diperhatikan dalam penentuan kandidat sumur-sumur infill, berapakah prediksi besarnya tambahan kumulatif produksi minyak dan recovery factor dari masing-masing skenario, dan manakah skenario yang paling baik untuk diterapkan pada Reservoir “RADIT”.Untuk mendapatkan tambahan nilai RF, maka timbulah gagasan untuk melalukan pengembangan lapangan lanjutan dengan penambahan sumur-sumur infill yang didasarkan pada parameter Oil per Unit Area (OPU), peta distribusi tekanan, distribusi permeabilitas, jari-jari pengurasan sumur existing dan letak geologi agar dapat meningkatkan perolehan produksi, karena masih mempunyai cadangan sisa yang cukup besar. Studi dalam skripsi ini menggunakan simulator Computer Modeling Group (CMG) untuk studi simulasi reservoir. Diawali dengan persiapan dan pengolahan data model geologi, data core, data PVT, data produksi dan data penunjang, lalu dilanjutkan ke proses inisialisasi, history matching, dan setelah itu didapatkan model dinamis yang valid dan terakhir dilakukan skenario-skenario. Mekanisme perdorong yang bekerja pada Reservoir “RADIT” yaitu Combination Drive (Gas Cap Drive dan Water Drive) dengan mekanisme dominan Water Drive. Inisialisasi didapatkan perbedaan OOIP volumetrik dan simulasi sebesar 0.45% sedangkan tekanan aktual dan simulasi sebesar 2.16%. History matching didapatkan perbedaan kumulatif aktual dan simulasi untuk liquid 0.69%, untuk minyak 0.37%, untuk gas 6.38%, dan untuk air 2.29%. Secara keteknikan Skenario 4 (Basecase + 3 sumur infill prioritas sektor) merupakan skenario terbaik sampai Agustus 2044, kumulatif produksi minyak sebesar 67.502 MMSTB (tambahan 2.931 MMSTB), recovery factor sebesar 42.10 % (tambahan 1.83%), rata-rata per sumur infill sebesar 0.977 MMSTB dan kumulatif produksi gas sebesar 195.566 BSCF (tambahan 2.729 BSCF) didasarkan hasil sensitivitas antara jumlah sumur infill versus kumulatif produksi minyak pada masing-masing skenario.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Sarimin Sarimin
Date Deposited: 04 Nov 2019 07:34
Last Modified: 04 Nov 2019 07:34
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/21656

Actions (login required)

View Item View Item