EVALUASI RANCANGAN LERENG HIGHWALL DAN LOWWALL DI PIT 1 MSTB-HHI BLOK SELATAN PADA TAMBANG BATUBARA PT. MITRA SETIA TANAH BUMBU TANAH BUMBU KALIMANTAN SELATAN

ADIGUNA, BRIAM FANSESA (2019) EVALUASI RANCANGAN LERENG HIGHWALL DAN LOWWALL DI PIT 1 MSTB-HHI BLOK SELATAN PADA TAMBANG BATUBARA PT. MITRA SETIA TANAH BUMBU TANAH BUMBU KALIMANTAN SELATAN. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Halaman Pengesahan.pdf

Download (375kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (12kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (246kB) | Preview

Abstract

RINGKASAN Tambang Batubara PT. Mitra Setia Tanah Bumbu (MSTB) yang terletak di Desa Mangkalapi, Kecamatan Kusan Hulu, Kabupaten Tanah Bumbu, Provinsi Kalimantan Selatan memiliki beberapa area penambangan, salah satunya adalah Pit 1 MSTB-HHI Blok Selatan. Rancangan lereng penambangan di Pit 1 MSTB-HHI memiliki tinggi lereng keseluruhan hingga 112 meter dengan sudut kemiringan lereng keseluruhan sebesar 35 derajat. Lereng penambangan yang diteliti adalah lereng high wall dan low wall. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis kestabilan rancangan lereng akhir penambangan (final pit) sehingga rancangan lereng tersebut dapat dikategorikan aman atau tidak aman. Berdasarkan penyelidikan geoteknik dan pengamatan di lapangan, dapat disimpulkan jenis longsoran yang terjadi adalah longsor busur (circular failure). Analisa stabilitas lereng menggunakan metode kesetimbangan batas (Bishop Simplified) dibantu dengan software SLIDE 6.0 (Rocscience). Sedangkan untuk analisa probabilitas menggunakan metode Monte Carlo. Berdasarkan hasil analisa, diketahui rancangan lereng akhir penambangan yang dikategorikan aman adalah lereng high wall dan low wall di section 1, section 2, dan section 3. Sedangkan lereng yang tidak aman adalah lereng high wall dan low wall di section 4 dan section 5. Variasi yang dilakukan terhadap rancangan lereng akhir penambangan yang tidak aman dilakukan dengan mengurangi tinggi lereng keseluruhan, melandaikan sudut kemiringan lereng keseluruhan, dan mengurangi tingkat kejenuhan lereng. Sehingga, nilai faktor keamanan lereng tersebut menjadi lebih besar atau sama dengan 1,2 dengan nilai probabilitas longsor maksimal 10%. Selain itu, dilakukan juga pemasangan titik pemantauan lereng dengan intensitas pemantauan didasarkan pada nilai probabilitas longsor lereng tersebut.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 10 Oct 2019 02:23
Last Modified: 10 Oct 2019 02:23
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/21577

Actions (login required)

View Item View Item