SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENENTUAN DAERAH RAWAN BANJIR DI PROVINSI YOGYAKARTA MENGGUNAKAN METODE MULTI-OBJECTIVE OPTIMIZATION ON THE BASIS OF RATIO ANALYSIS (MOORA)

Rahayu, Whenny Artika (2019) SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENENTUAN DAERAH RAWAN BANJIR DI PROVINSI YOGYAKARTA MENGGUNAKAN METODE MULTI-OBJECTIVE OPTIMIZATION ON THE BASIS OF RATIO ANALYSIS (MOORA). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
COVER_123130068_WHENNY ARTIKA RAHAYU.pdf

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI_123130068_WHENNY ARTIKA RAHAYU.pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PENGESAHAN PEMBIMBING_123130068_WHENNY ARTIKA RAHAYU.pdf

Download (600kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK_123130068_WHENNY ARTIKA RAHAYU.pdf

Download (283kB) | Preview

Abstract

Pusat Studi Managemen Bencana (PSMB) Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta merupakan badan yang memiliki misi melaksanakan mandat Tri Darma Perguruan Tinggi untuk meningkatkan kapasitas dan partisipasi masyarakat dalam pengelolaan sumber daya di kawasan bencana. Kegiatan yang dilakukan PSMB salah satunya adalah identifikasi kawasan rawan bencana seperti banjir di Provinsi Yogyakarta. Dalam kegiatannya, PSMB ingin melakukan identifikasi daerah-daerah rawan bencana banjir, tujuan dari identifikasi ini adalah agar daerah rawan banjir dapat diketahui dan nantinya dapat dijadikan bahan pertimbangan baik oleh pihak PSMB atau Pemerintah Daerah untuk dilakukan penyuluhan tanggap bencana kepada masyarakat yang ada dalam kategori daerah rawan bencana. Dari permasalahan tersebut, muncul gagasan untuk membuat sebuah Sistem Pendukung Keputusan (SPK) penentuan daerah rawan banjir dengan metode MOORA, yang akan membantu PSMB dalam identifikasi kawasan rawan bencana. Dalam sistem terdapat enam kriteria yang digunakan, yakni sistem sungai, faktor guna lahan, curah hujan, kemiringan tanah, ketinggian wilayah, dan jenis tanah. Sistem berjalan dengan cara menghitung nilai kriteria yang di-inputkan pengguna, dan menghasilkan nilai optimasi berupa ranking dari nilai yang paling rendah, hingga nilai yang paling tinggi. Dari data ranking tersebut akan diketahui sepuluh besar data daerah yang harus diperhatikan khusus sebagai daerah rawan banjir. Berdasarkan penelitian tersebut, dalam pengujian menggunakan metode Alpha Testing sistem mendapatkan nilai 89,0476%dalam tingkat kesesuaiannya kepada sistem. Hasil pengujian yang dilakukan menunjukan bahwa sistem berjalan dengan baik sesuai dengan fungsinya. Kata Kunci : SPK, Multi Objective Optimization by Ration Analysis(MOORA) , Banjir

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Sarimin Sarimin
Date Deposited: 08 Oct 2019 07:40
Last Modified: 08 Oct 2019 07:40
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/21563

Actions (login required)

View Item View Item