ANALISIS RESEPSI KHALAYAK MILENIAL DI YOGYAKARTA TERHADAP WEB SERIES TOBA DALAM MENGEMAS KONTEN BUDAYA MELALUI YOUTUBE CHANNEL PESONA INDONESIA

Lestari, Aviyanti (2019) ANALISIS RESEPSI KHALAYAK MILENIAL DI YOGYAKARTA TERHADAP WEB SERIES TOBA DALAM MENGEMAS KONTEN BUDAYA MELALUI YOUTUBE CHANNEL PESONA INDONESIA. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (274kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (93kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Saat ini fenomena web series semakin banyak bermunculan di Indonesia. Hal ini terlihat dengan semakin banyaknya konten kreator atau senias yang memproduksi web series dan digemari oleh masyarakat. Web series mulai berkembang di Indonesia sejak tahun 2012 dan dinilai efektif untuk menyampaikan pesan karena memiliki tayangan-tayangan yang menarik dan menghibur, membuat penonton merasa penasaran untuk menonton setiap episodenya. Web series Toba merupakan salah satu produksi Pesona Indonesia yang menyajikan tayangan tentang adat, budaya masyarakat Batak serta mempromosikan pariwisata daerah Sumatera Utara. Web series Toba menimbulkan kesan tersendiri bagi pengguna YouTube karena disisipi banyak pesan moral kehidupan. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana pemaknaan khalayak milenial di Yogyakarta terhadap web series Toba dalam mengemas konten budaya melalui YouTube Channel Pesona Indonesia yang dikelompokkan dalam tiga posisi menurut Stuart Hall melalui preffered reading. Views web series Toba sebagai penonton secara aktif menginterpretasikan konten yang ada pada web series. Teori yang digunakan adalah teori resepsi, teori audiens aktif, serta konsep media baru. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam dan dokumen. Hasil penelitian ini menemukan bahwa web series Toba dimaknai oleh narasumber sebagai tayangan yang mengedukasi, informatif, menghibur, serta memiliki banyak pesan moral tentang kehidupan masyarakat Batak. Kesimpulannya adalah setiap narasumber memiliki pandangan serta pendapat dalam menentukan tayangan yang akan mereka tonton. Dihasilkan dua kategori pemaknaan yaitu terdapat dua khalayak mnunjukkan posisi dominant-hegemonic dan sembilan khalayak yang berada dalam negotiated reading. Faktor pendidikan dan profesi, lingkungan, hobi dan ketertarikan, pengetahuan serta faktor daerah asal memberikan pengaruh terhadap pemaknaan khalayak terhadap tayangan web series Toba. Kata kunci: Web Series, Pemaknaan Penonton, Toba, Pesona Indonesia

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 08 Oct 2019 03:41
Last Modified: 08 Oct 2019 03:41
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/21540

Actions (login required)

View Item View Item