SENTIMENT ANALYS PADA MEDIA SOSIAL DENGAN METODE NAÏVE BAYES CLASSIFER (Studi Kasus: Twitter Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia)

Hidayat, Randa (2019) SENTIMENT ANALYS PADA MEDIA SOSIAL DENGAN METODE NAÏVE BAYES CLASSIFER (Studi Kasus: Twitter Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK_123140004_RANDA HIDAYAT.pdf

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Cover_123140004_RANDA HIDAYAT.pdf

Download (260kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI_123140004_RANDA HIDAYAT.pdf

Download (283kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PENGESAHAN PEMBIMBING.pdf

Download (591kB) | Preview
[img] Text
SKRIPSI full_123140004_RANDA HIDAYAT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[img]
Preview
Text
PENGESAHAN PENGUJI.pdf

Download (601kB) | Preview

Abstract

Komisi Pemilihan Umum (KPU) adalah lembaga negara yang menyelenggarakan pemilihan umum di Indonesia dan merupakan garis terdepan dalam sebuah negara. Dalam penyelenggaraan pemilihan umum, komisi ini tidak hanya berurusan dengan partai politik peserta pemilu tetapi juga harus berhadapan langsung dengan pemerintah dan masyarakat luas. Semua orang bebas berpendapat atau beropini tentang KPU, sehingga memunculkan banyak opini, tidak hanya opini yang positif atau negatif tapi juga yang netral. Banyaknya jumlah pengguna twitter kerap dimanfaatkan instansi atau penjual untuk meninjau opini pengguna mengenai isu ataupun barang yang dijual. Sentiment analysis atau opinion mining adalah studi komputasional dari opini opini orang, sentimen dan emosi melalui entitas dan atribut yang dimiliki yang diekspresikan dalam bentuk teks. Analisis sentiment dilakukan untuk mengetahui pendapat yang dikemukakan dalam kalimat atau dokumen tersebut apakah bersifat positif, negatif atau netral. Metode yang digunakan dalam penelitian ini merupakan metode Naïve Bayes Classifier (NBC). Metode tersebut sangatlah sederhana dan efisien Chen (2009). Pengklasifikasian dengan algoritma Naïve Bayes Classifier (NBC) dikenal dengan teknik machine learning yang populer dalam pengklasifikasian teks dan memiliki performa yang baik pada banyak domain Ye (2009). Algoritma Naïve Bayes Classifier (NBC) sangat sederhana namun memiliki kecepatan dan akurasi yang tinggi (Rish 2001). Hasil pengujian pada sistem yang dibangun memperlihatkan bahwa metode Naïve Bayes Classifiier memberikan akurasi 85.5 % dan presisi 76 % Sedangkan untuk hasil recall menghasilkan 81%. Kata Kunci : KPU, Naïve Bayes Classifier (NBC), Analisis Sentimen, media sosial, twitter.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 03 Oct 2019 04:14
Last Modified: 03 Oct 2019 04:32
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/21496

Actions (login required)

View Item View Item