Aitarra, Galang (2019) PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH DAN TOURIST MOTIVATION TERHADAP SATISFACTION SERTA REVISIT INTENTION (Studi pada Wisatawan Nusantara Obyek Wisata Pantai Krakal, Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.
|
Text
COVER.pdf Download (97kB) | Preview |
|
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (629kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (96kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (134kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Judul Penelitian “Pengaruh Electronic Word of Mouth dan Tourist Motivation terhadap Satisfaction serta Revisit Intention” (Studi pada Wisatawan Nusantara Obyek Wisata Pantai Krakal, Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta) 2019. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh electronic word of mouth dan tourist motivation terhadap satisfaction serta revisit intention pada wisatawan nusantara yang sedang mengunjungi Obyek Wisata Pantai Krakal, Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Galang Aitarra, Nomor Mahasiswa 152150089, Jurusan Administrasi Bisnis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta, Dosen Pembimbing I Eny Endah Pujiastuti dan Dosen Pembimbing II Hastho Joko Nur Utomo. Penelitian ini menggunakan tipe explanatory dengan pendekatan kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh wisatawan yang sedang berkunjung di Pantai Krakal. Sampel pada penelitian ini adalah wisatawan yang sedang berkunjung di Pantai Krakal dengan karakteristik wisatawan nusantara. Ukuran sampel pada penelitian ini 120 responden. Teknik sampling yang digunakan adalah probability sampling. Teknik analisis data deskriptif dan analisis statistik inferensial menggunakan SEM AMOS dan Uji Hipotesis menggunakan t-test. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa variabel electronic word of mouth berpengaruh signifikan terhadap satisfaction dengan nilai sig 0,000<0,05. Ada pengaruh signifikan dari variabel tourist motivation terhadap satisfaction dengan nilai sig 0,000<0,05. Ada pengaruh signifikan electronic word of mouth terhadap revisist intention dengan nilai sig 0,028<0.05. Ada pengaruh signifikan tourist motivation terhadap revisit intention dengan nilai sig 0,041<0,05. Ada pengaruh signifikan satisfacton terhadap revisit intention dengan nilai sig 0,000<0,05. Ada pengaruh antara electronic word of mouth dan tourist motivation terhadap revisit intention melalui satisfaction. Berdasarkan hasil penelitian, untuk mendapatkan niat kunjungan ulang dari wisatawan, pengelola Pantai Krakal harus mampu membuat setiap wisatawan yang datang terpuaskan setelah melakukan kunjungan dengan cara meningkatkan electronic word of mouth yang baik di benak wisatawan dan menciptakan suatu motivasi wisata yang dapat memenuhi harapan wisatawan dengan cara meningkatkan serta mengoptimalkan penyebaran informasi mengenai Pantai Krakal melalui media elektronik, meningkatkan dan menjaga suasana Pantai Krakal yang masih asri agar wisatawan dapat beristirahat dan bersantai dengan nyaman. Pengelola Pantai Krakal harus kreatif dan berinovasi, memperbaiki, meningkatkan penyebaran informasi mengenai keunggulan dan pengalaman positif wisatawan di media elektronik serta menambah hal baru yang inovatif di Pantai Krakal sehingga wisatawan dapat menambah pengalaman baru ketika berkunjung agar Pantai Krakal bisa bertahan dari banyaknya pantai-pantai baru bahkan obyek wisata baru yang bermunculan di Daerah Istimewa Yogyakarta, khususnya Kabupaten Gunungkidul. Kata Kunci: Electronic Word of Mouth, Tourist Motivation, Satisfaction, Revisit
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences |
Depositing User: | Basir Umaryadi |
Date Deposited: | 03 Oct 2019 02:52 |
Last Modified: | 03 Oct 2019 02:52 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/21479 |
Actions (login required)
View Item |