SISTEM REKOMENDASI PENILAIAN RUANGAN MUSEUM MENGGUNAKAN METODE CONTENT BASED DAN COLLABORATIVE FILTERING (STUDI KASUS: MUSEUM BATIK YOGYAKARTA)

Pratama, Riau Yudha (2019) SISTEM REKOMENDASI PENILAIAN RUANGAN MUSEUM MENGGUNAKAN METODE CONTENT BASED DAN COLLABORATIVE FILTERING (STUDI KASUS: MUSEUM BATIK YOGYAKARTA). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
COVER_RIAU YUDHA PRATAMA_123130116.pdf

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PENGESAHAN PEMBIMBING_RIAU YUDHA PRATAMA_123130116.pdf

Download (485kB) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PENGESAHAN PENGUJI_R.pdf

Download (494kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK_RIAU YUDHA PRATAMA_123130116.pdf

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI_RIAU YUDHA PRATAMA_123130116.pdf

Download (106kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Museum Batik Yogyakarta merupakan museum batik swasta pertama di yogyakarta Selain sebagai objek wisata bagi masyarakat museum batik menjadi tempat wisata edukatif yang digunakan oleh kalangan akademis. Oleh karena itu diperlukan sebuah invoasi untuk menarik minat pengunjung dan juga membantu pihak pengelola dalam melihat pola kunjungan pengunjung disetiap ruangan. Saat ini teknologi NFC sedang berkembang dan dimanfaatkan dalam berbagai aplikasi, sehinga pemanfaatan teknologi ini diharapkan dapan menghilangkan kesan ketinggalan jaman dan membantu pihak pengelola museum. Aplikasi ini dibagi menjadi dua, yaitu aplikasi mobile untuk penjunjung yang dikembangkan menggunakan software Android Studio dan aplikasi web yang dikembangkan menggunakan Sublime Text. Aplikasi mobile yang dibuat menampilkan Informasi mengenai koleksi benda di ruangan museum dan juga pemberian penilaian kriteria rating ruangan. Dengan cara melakukan scanning pada NFC tag yang kemudian hasil scan tersebut akan di rangkum pada web server sebagai alat bantu untuk mengidentifikasi informasi berupa pola statistik kunjungan di setiap ruangan museum. Hasil dari penelitian ini menggunakan pengujian menggunakan metode black-box menunjukkan bahwa semua fungsi pada aplikasi ini dapat bekerja dengan benar. Pengujian dengan alpha test pada 10 responden menghasilkan 51% memberikan jawaban Baik. Hal ini menunjukkan bahwa fungsi sistem yang telah dibangun dapat memenuhi kebutuhan dari pengguna Katakunci : Sistem Rekomendasi, Hybrid Filtering, Content Based Filtering, Collaborative Filtering, NFC, Android, Pola Statistik Kunjungan, Museum Batik Yogyakarta

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Electronics and Computer Science
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 03 Oct 2019 01:55
Last Modified: 03 Oct 2019 01:55
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/21474

Actions (login required)

View Item View Item