PERENCANAAN PENGENDALIAN PERSEDIAAN MULTI ITEM MENGGUNAKAN METODE JOINT REPLENISHMENT ORDER (Studi Kasus di PT Mirota Nayan (Mirota Kampus), Yogyakarta)

Izzati, Anggy Nova (2019) PERENCANAAN PENGENDALIAN PERSEDIAAN MULTI ITEM MENGGUNAKAN METODE JOINT REPLENISHMENT ORDER (Studi Kasus di PT Mirota Nayan (Mirota Kampus), Yogyakarta). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (246kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (11kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (108kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK PT Mirota Nayan (Mirota Kampus) merupakan salah satu perusahaan yang bergerak di bidang industri retail di wilayah Yogyakarta yang menjual berbagai jenis barang dengan sasaran utamanya adalah end customer. Permintaan barang oleh konsumen di Mirota Kampus berubah-ubah setiap waktunya, sehingga untuk tetap menjaga kepercayaan konsumen Mirota Kampus harus menyediakan produk yang dibutuhkan oleh konsumen secara tepat dan lengkap. Mirota Kampus dalam melakukan pengadaan persediaan belum menggunakan metode tertentu untuk memenuhi permintaan konsumen. Hal ini membuat mengakibatkan terjadinya kelebihan dan atau kekurangan persediaan yang dapat meningkatkan ongkos total persediaan karena fluktuasi permintaan dari konsumen yang tidak menentu. Pada penelitian ini menggunakan metode Joint Replenishment Order yang bertujuan untuk melakukan perancangan pengendalian persediaan produk. Produk yang diteliti adalah produk food dan non-food di bagian supermarket setelah seluruh item diklasifikasi dengan metode ABC. Pengendalian persediaan dilakukan untuk menentukan waktu pemesanan optimal (T*), kuantitas produk yang dipesan (Q), safety stock, dan inventory level yang sesuai dengan jumlah permintaan masing-masing produk (Di), sehingga didapatkan hasil ongkos total persediaan yang minimal. Metode Joint Replenishment Order dapat digunakan karena perusahaan dapat mengetahui waktu yang optimal untuk melakukan pemesanan produk serta menghemat ongkos total. Waktu optimal pemesanan (T*) yang diperoleh yaitu 0,366 per 3 bulan dengan ongkos total sebesar Rp 256.652.809,18, sehingga selama periode 3 bulan diperoleh ongkos total sebesar Rp 781.780.388,67. Pada metode ini, perusahaan dapat menghemat ongkos total sebesar 32,42% atau sebesar Rp 375.093.136,76. Kata kunci: Persediaan, Joint Replenishment Order, Mirota Kampus

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 02 Oct 2019 07:56
Last Modified: 02 Oct 2019 07:56
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/21463

Actions (login required)

View Item View Item