PERSEPSI MASYARAKAT TEMON TERHADAP PERSUASI HASTO WARDOYO SELAKU BUPATI KULON PROGO TENTANG SENGKETA PROYEK BANDARA YOGYAKARTA INTERNATIONAL AIRPORT (YIA)

Mahardika, Helmi Iqbal (2019) PERSEPSI MASYARAKAT TEMON TERHADAP PERSUASI HASTO WARDOYO SELAKU BUPATI KULON PROGO TENTANG SENGKETA PROYEK BANDARA YOGYAKARTA INTERNATIONAL AIRPORT (YIA). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (273kB) | Preview
[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (298kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (294kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PENGESAHAN.pdf

Download (469kB) | Preview
[img] Text
Skripsi Full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Hadirnya Proyek Bandara Yogyakarta International Airport (YIA) menjadi pro dan kontra di masyarakat Temon. Hasto Wardoyo selaku Bupati Kulon Progo beraudiensi langsung dan mempersuasi masyarakat agar bersedia direlokasi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis persepsi masyarakat Temon terhadap persuasi Hasto Wardoyo selaku Bupati Kulon Progo serta mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi persepsi masyarakat. Penelitian ini menggunakan teori Individual Differences serta menggunakan konsep persuasi, konsep kepemimpinan, dan konsep persepsi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Dari hasil penelitian memperlihatkan bahwa terdapat perbedaan persepsi di masyarakat Temon, khusunya yang terdampak langsung proyek Bandara YIA. Persepsi masyarakat terbagi menjadi persepsi positif dan negatif. Persepsi positif dapat dibuktikan dengan munculnya anggapan bahwa persuasi Hasto Wardoyo dinilai dapat mengakomodir keluhan masyarakat. Sedangkan persespi negatif ditunjukkan dengan munculnya anggapan bahwa pesan persuasi Hasto Wardoyo dinilai normatif dan hanya menenangkan masyarakat. Hal tersebut disebabkan oleh faktor fungsional yakni pengalaman masa lalu dan sikap dari masyarakat itu sendiri. Serta faktor struktural, dalam hal ini figur Hasto Wardoyo selaku Bupati Kulon Progo yang berperan sebagai stimulus. Pada proses audiensi dengan masyarakat, pesan persuasi yang disampaikan Hasto Wardoyo jelas dan dan dapat dimengerti, serta menanamkan motivasi terhadap masyarakat terdampak. Pada proses audiensi tersebut masyarakat diberikan kesempatan untuk menyampaikan keluhan dan diperbolehkan tidak setuju dengan kebijakan yang diterapkan. Dalam audiensi dengan masyarakat diketahui bahwa Hasto Wardoyo menggunakan tipe kepemimpinan demokratis dengan gaya pengembang dan pembangun. Kata Kunci : Individual Differences, Persespi, Komunikasi Persuasi, Retorika, Kepemimpinan Hasto Wardoyo

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 02 Oct 2019 07:43
Last Modified: 02 Oct 2019 07:43
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/21461

Actions (login required)

View Item View Item