USULAN PERANCANGAN ULANG TATA LETAK FASILITAS PRODUKSI MINYAK GORENG HCO UNTUK MENGURANGI TOTAL WAKTU PROSES PRODUKSI (Studi kasus di PT Krambil Idjo Jogja)

Ratnashita, Dyah Nuraini (2019) USULAN PERANCANGAN ULANG TATA LETAK FASILITAS PRODUKSI MINYAK GORENG HCO UNTUK MENGURANGI TOTAL WAKTU PROSES PRODUKSI (Studi kasus di PT Krambil Idjo Jogja). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text
20190927.pdf

Download (491kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (14kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (97kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK PT Krambil Idjo Jogja merupakan perusahaan yang memproduksi berbagai hasil olahan kelapa. Produk yang dihasilkan oleh perusahaan diantaranya adalah virgin coconut oil, minyak goreng, sabun, dan kosmetik. Pengaturan tata letak fasilitas produksi bagian minyak goreng di perusahaan ini belum sesuai dengan urutan proses produksi minyak goreng. Terdapat beberapa unit kerja yang masih diletakkan tidak sesuai dengan urutan prosesnya. Letak beberapa unit kerja yang tidak sesuai mengakibatkan timbulnya lintasan aliran bahan yang saling berpotongan sehingga waktu proses produksi menjadi lebih lama. Pada penelitian ini membahas mengenai perancangan ulang tata letak fasilitas produksi bagian minyak goreng. Perancangan ulang dilakukan berdasarkan peta aliran proses minyak goreng dan peraturan CPOTB BPOM RI. Penelitian diawali dengan menghitung waktu baku dari setiap proses dan perpindahan bahan yang terjadi pada proses produksi minyak goreng. Perancangan tersebut akan menghasilkan tata letak fasilitas sesuai dengan urutan aliran proses sehingga mampu mengurangi total waktu proses produksi. Hasil penelitian kali ini berupa total waktu proses produksi pada implementasi sebagian usulan rancangan tata letak fasilitas produksi dan perhitungan estimasi total waktu proses produksi pada usulan rancangan tata letak fasilitas produksi. Total waktu proses produksi pada implementasi sebagian tata letak fasilitas adalah 1345,14 menit dan estimasi total waktu proses produksi pada usulan tata letak fasilitas adalah 1347,25 menit. Kata kunci: perancangan tata letak fasilitas, waktu baku, waktu proses produksi, peraturan BPOM.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 02 Oct 2019 03:01
Last Modified: 02 Oct 2019 03:01
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/21444

Actions (login required)

View Item View Item