PENINGKATAN EFISIENSI LINI PENJAHITAN SARUNG TANGAN MELALUI PENYEIMBANGAN LINTASAN DAN PEMERATAAN BEBAN KERJA OPERATOR (Studi Kasus di PT Sport Glove Indonesia, Sleman, Yogyakarta)

Distianasari, Rizki (2019) PENINGKATAN EFISIENSI LINI PENJAHITAN SARUNG TANGAN MELALUI PENYEIMBANGAN LINTASAN DAN PEMERATAAN BEBAN KERJA OPERATOR (Studi Kasus di PT Sport Glove Indonesia, Sleman, Yogyakarta). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
JUDUL.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (67kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK PT Sport Glove Indonesia merupakan salah satu perusahaan di bidang produk tekstil yang memproduksi berbagai jenis sarung tangan di wilayah Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Proses produksi setiap jenis sarung tangan terdiri dari tiga fase yaitu fase pemotongan, fase penjahitan, dan fase pengepakan. Fase penjahitan merupakan fase yang paling kritis pada proses produksi karena terdiri dari berbagai jenis operasi jahit yang dilakukan secara semi otomatis. Setiap operasi jahit dikerjakan oleh operator dengan menggunakan jenis mesin tertentu. Selama ini proses perencanaan pada penjahitan dilakukan oleh supervisor. Pembagian operasi di setiap stasiun kerja dilakukan tanpa mempertimbangkan beban kerja pada stasiun kerja dan pengalokasian operator hanya dilakukan secara subyektif. Hal tersebut menyebabkan nilai efisiensi lini yang masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan efisiensi lini penjahitan produk sarung tangan jenis A511 pada lini MF-4. Sarung tangan jenis A511 merupakan salah satu produk repetitif yang dipesan oleh buyer. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Ranked Positional Weight dan metode Algoritma Genetika. Metode Ranked Positional Weight digunakan untuk menyeimbangkan lini penjahitan. Sedangkan metode Algoritma Genetika akan digunakan untuk mengalokasikan operator di setiap stasiun kerja yang telah dirancang agar beban kerja antar operator lebih rata. Perbedaan keterampilan jahit yang dimiliki oleh setiap operator akan menjadi pertimbangan dalam melakukan pengalokasian operator di setiap stasiun kerja. Penelitian ini berhasil meningkatkan nilai efisiensi sebesar 19,3 % dari yang semula sebesar 64,4% menjadi 83,7%. Selain itu juga penelitian ini berhasil mengurangi nilai smoothness index sebesar 65,3 dari yang semula sebesar 133,3 menjadi 68 serta dapat mengurangi total waktu menganggur sebesar 466 detik untuk setiap satu sarung tangan dari yang semula 757 detik menjadi 291 detik. Hasil dari penelitian ini juga berhasil mengurangi jumlah operator yang bekerja sebanyak 7 orang yang semula sebanyak 46 orang menjadi 39 orang. Hasil yang telah diperoleh ini berdampak pada lini penjahitan menjadi lebih seimbang. Kata kunci : Line Balancing, Genetic Algorithm, Gloves Industry, Workload

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 02 Oct 2019 02:47
Last Modified: 02 Oct 2019 02:47
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/21442

Actions (login required)

View Item View Item