PEMANFAATAN MEDIA INSTAGRAM TOKO SEPATU RACCOON STORE SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI PEMASARAN ONLINE

Winandhar, Dimas Suryo (2019) PEMANFAATAN MEDIA INSTAGRAM TOKO SEPATU RACCOON STORE SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI PEMASARAN ONLINE. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[thumbnail of 01. COVER.pdf]
Preview
Text
01. COVER.pdf

Download (54kB) | Preview
[thumbnail of 02. HALAMAN PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
02. HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (658kB) | Preview
[thumbnail of 03. DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
03. DAFTAR ISI.pdf

Download (92kB) | Preview
[thumbnail of 04. ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
04. ABSTRAK.pdf

Download (89kB) | Preview

Abstract

Pemanfaatan Instagram sebagai media komunikasi pemasaran yang
berbasis online dewasa ini menarik untuk diteliti karena seiring berjalannya
waktu, internet menjadi saluran baru bagi sebuah perusahaan untuk digunakan
sebagai sarana kegiatan promosi berjualan. Secara mendasar dapat dikatakan
bahwa pasar online memiliki sifat dinamis. Mayoritas produk yang
diperjualberikan dalam bisnis online adalah produk fashion tak terkecuali sepatu.
Raccoon Store adalah toko sepatu yang menggunakan Instagram sebagai sarana
komunikasi pemasaran berbasis online. Tujuan penelitian ini adalah bagaimana
Raccoon Store memanfaatkan Instagram sebagai media komunikasi pemasaran
online. Penelitian ini menggunakan teori difusi inovasi dan konsep komunikasi
pemasaran. Metode penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan
menggunakan metode deskriptif dengan teknik pengumpulan data wawancara
mendalam dan observasi serta dokumentasi pada akun instagram @raccoon.id dan
@raccoonstock. Hasil penelitan ini menunjukkan bahwa Raccoon Store secara
tepat menggunakan Instagram sebagai media komunikasi pemasaran berbasis
online berdasarkan konsep pemasaran 4P (price,product,promotion,place) seperti
presentasi produk yang tertata, penjelasan informasi yang diberikan pada caption
sesuai dengan kondisi dan ketersediaan produk, serta penggunaan Instagram
Stories dengan maksimal. Kendala yang dialami hanya sebatas ketidaksepahaman
antar pegawai sehingga tidak validnya informasi tentang ketersediaan produk
namun dapat diatasi dengan baik. Cara Raccoon Store untuk menambah followers
dengan cara memberikan hadiah setiap minggu kepada followers yang beruntung.
Instagram sudah merepresentasikan toko virtual yang dapat menjangkau khalayak
yang lebih luas untuk meningkatkan penjualan dan mampu bersaing dengan toko
sejenis.
Kata Kunci : Komunikasi Pemasaran, Online, Instagram

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 02 Oct 2019 02:25
Last Modified: 14 Jul 2023 03:26
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/21437

Actions (login required)

View Item View Item