GEOLOGI DAN FASIES LAPISAN BATUBARA BERDASARKAN KOMPOSISI MASERAL, PIT INUL MIDDLE DAN INUL EAST, KEC. BENGALON, KAB. KUTAI TIMUR, PROVINSI KALIMANTAN TIMUR

SADEWA, YUDHA ARIE (2019) GEOLOGI DAN FASIES LAPISAN BATUBARA BERDASARKAN KOMPOSISI MASERAL, PIT INUL MIDDLE DAN INUL EAST, KEC. BENGALON, KAB. KUTAI TIMUR, PROVINSI KALIMANTAN TIMUR. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (266kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (327kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (353kB) | Preview
[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (32MB)

Abstract

Daerah telitian berada di daerah konsesi PT. Kaltim Prima Coal, yang secara administratif terletak di daerah Sangata, Kecamatan Bengalon, Kabupaten Kutai Timur, Provinsi Kalimantan Timur. Secara geografis lokasi penelitian terletak pada koordinat X: (102500E - 105500E), dan Y: (205000N - 208000N) yang terletak pada Pit Inul Middle – Inul East. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui kondisi geologi daerah penelitian yang meliputi aspek geomorfologi, stratigrafi, karakteristik lapisan batubara serta mencari hubungan antara fasies lapisan batubara berdasarkan nilai GI (Gelification Index) dan TPI (Tissue Preservation Index) lapisan batubara dengan kualitas lapisan batubara, secara khusus ash content dan total sulphur. Secara morfologi, dilihat dari topografi dan aspek pengontrolnya, daerah penelitian merupakan daerah pertambangan aktif. Berdasarkan analisis aspek geomorfologi pada daerah penelitian dibagi menjadi lima satuan bentuklahan, antara lain satuan bentuklahan rawa (F1), bukit sisa (A1), jalan hauling (A2), bukit disposal (A3) dan pit (A4). Stratigrafi daerah penelitian dibagi menjadi tiga satuan batuan, antara lain Satuan batupasir kuarsa Balikpapan, Satuan batulempung Balikpapan dan endapan aluvial. Struktur geologi yang ditemukan pada daerah penelitian yaitu berupa kekar gerus (shear fracture) dan kekar tarik (gash fracture) serta sesar berupa normal left slip fault. Berdasarkan klasifikasi peringkat batubara dengan parameter caloric value menurut ASTM (1981) lapisan batubara daerah penelitian masuk kedalam Subbituminous B, dan berdasarkan nilai vitrinite reflectance menurut Mukhopadhyay dan Dow (1994) batubara daerah penelitian masuk kedalam peringkat low rank. Berdasarkan plot nilai GI dan TPI lapisan batubara pada diagram Diessel (1986), didapatkan hasil bahwa lapisan batubara pada Satuan batupasir kuarsa Balikpapan diendapkan pada lingkungan fen. Hasil uji proksimat pada 5 lapisan batubara pada daerah penelitian didapatkan ash content dan total sulphur tertinggi pada seam B dengan nilai ash content= 5,7% dan total sulphur= 1,55%. Hal ini menunjukkan bahwa pada saat pembentukan gambut, lingkungan pengendapannya lebih dipengaruhi oleh kenaikan muka air. Hal ini diperkuat dengan data komposisi maseral pada grup liptinite tertinggi pada seam B. Kata kunci: Batubara, fasies, maseral, kualitas.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QE Geology
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 01 Oct 2019 06:46
Last Modified: 01 Oct 2019 06:46
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/21415

Actions (login required)

View Item View Item