PENERAPAN METODE 5S PADA AREA KERJA PRODUKSI UNTUK MENINGKATKAN EFISIENSI WAKTU KERJA (Studi kasus di CV. Sumber Mitra Usaha di dusun Kaliwaru, Selomartani, Selomartani, Kalasan, Sleman, Yogyakarta)

Rynaldi, Kevin (2019) PENERAPAN METODE 5S PADA AREA KERJA PRODUKSI UNTUK MENINGKATKAN EFISIENSI WAKTU KERJA (Studi kasus di CV. Sumber Mitra Usaha di dusun Kaliwaru, Selomartani, Selomartani, Kalasan, Sleman, Yogyakarta). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (11kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (20kB) | Preview
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (629kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bahwa penerapan 5S dapat mempengaruhi waktu efisiensi. Penelitian ini dilakukan di CV. Sumber Mitra Usaha yang mana merupakan sebuah perusahaan baru di Yogyakarta. Perusahaan baru ini mempunyai area produksi yang padat, sehingga belum banyak perbaikan. Salah satu masalah adalah tidak efisiennya alur produksi. Hal ini terlihat pada area mesin staples, dimana ada waktu yang terbuang ketika mencari alat bantu. Metode 5S adalah satu cara untuk mengatur area kerja untuk mengurangi waste sehingga tercipta lingkungan yang efektif, efisien, dan produktif. Dari hasil observasi di perusahaan terdapat banyak barang yang seharusnya tidak perlu di sekitar area kerja, khususnya di area mesin staples. Hal ini terlihat dari masih adanya barang sisa dari kardus yang cacat atau bekas potongan kardus yang berserakan. Masih kurang sadarnya karyawan dalam membuang sampah sembarangan, serta belum mempunyai petunjuk yang jelas dalam meyimpan produk ataupun alat lainnya. Hal ini menimbulkan banyak motion waste yang mengakibatkan kurang efisiennya waktu. Dari hasil penelitian diketahui bahwa jika dilakukan terus menerus program 5S dapat memperoleh hasil yang efisien. Hal ini dapat dilihat dari hasil penerapan 5S pada waktu efisien mendapatkan sebesar 13,57%. Ini didapatkan dari pengamatan sebelum 5S yang menghasilkan waktu pada mesin sebesar 59,82 detik dan setelah dilakukan 5S didapatkan waktu pada mesin sebesar 52,70 detik. Sehingga memperoleh selisi waktu sebesar 8,12 detik dari waktu sebelum dan sesudah. Kata kunci: Metode 5S, Penerapan 5S untuk meningkatkan efisiensi waktu kerja, Perubahan metode kerja didasari metode 5S.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 01 Oct 2019 04:59
Last Modified: 01 Oct 2019 04:59
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/21412

Actions (login required)

View Item View Item