PENJADWALAN PERAWATAN MESIN - MESIN PRODUKSI BRACKET DENGAN METODE AGE REPLACEMENT (Studi kasus di PT. Pindad (Persero), Bandung)

Lukita, Arifin Surya (2019) PENJADWALAN PERAWATAN MESIN - MESIN PRODUKSI BRACKET DENGAN METODE AGE REPLACEMENT (Studi kasus di PT. Pindad (Persero), Bandung). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (383kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (293kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar_Isi.pdf

Download (323kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Halaman_Pengesahan.pdf

Download (479kB) | Preview
[img] Text
TA_Arifin_Surya_Lukita_122150050.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Perawatan pencegahan (preventive maintenance) merupakan suatu penjadwalan perawatan atau pemeliharaan yang dilakukan pada selang waktu yang ditentukan sebelumnya. PT Pindad (Persero) merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang berfokus pada usaha manufaktur dan jasa, salah satu produknya adalah bracket. Proses produksi bracket harus melalui mesin bubut “Morando”, mesin CNC “Huron”, dan mesin Bor “Ogawa”. Perawatan mesin-mesin tersebut masih bersifat corrective maintenance, sehingga belum ada penjadwalan perawatannya. Mesin yang digunakan sering mengalami kerusakan secara tiba-tiba yang disebabkan oleh rusaknya komponen. Kerusakan tersebut perlu dilakukan pencegahan dengan cara membuat penjadwalan perawatan. Penelitian ini bermaksud untuk membuat penjadwalan perawatan dengan menentukan umur pakai komponen sehingga diharapkan dapat mencegah terjadinya kerusakan secara tiba-tiba. Penentuan umur komponen didasarkan data historis yang didapatkan dari PT Pindad (Persero) yang kemudian menentukan interval waktu penggantian komponen dengan model age replacement. Berdasarkan pengolahan data dan analisis yang telah dilakukan,. Interval waktu penggantian untuk komponen spindle mesin bubut “Morando” sebesar 3048 jam , untuk komponen clamp axis z mesin CNC “Huron” sebesar 2277 jam, untuk komponen pompa coolant mesin CNC “Huron” 1336 jam, untuk komponen piston hidrolik mesin Bor “Ogawa” 6919 jam. Hasil interval waktu penggantian komponen dapat dijadikan bahan pertimbangan dalam mencegah terjadinya kerusakan mesin secara tiba-tiba. Kata Kunci : Preventive Maintenance, Age Replacement

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 01 Oct 2019 04:33
Last Modified: 01 Oct 2019 04:33
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/21402

Actions (login required)

View Item View Item