PENENTUAN JADWAL PENGGANTIAN KOMPONEN PADA MESIN ILIG MENGGUNAKAN METODE AGE REPLACEMENT (Studi kasus di PT Starindo Jaya Packaging, Pati)

Astuti, Wulan Puji (2019) PENENTUAN JADWAL PENGGANTIAN KOMPONEN PADA MESIN ILIG MENGGUNAKAN METODE AGE REPLACEMENT (Studi kasus di PT Starindo Jaya Packaging, Pati). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (10kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (290kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Halaman Pengesahan.pdf

Download (472kB) | Preview
[img] Text
TA_122150091_Wulan_Puji_Astuti.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

PT Starindo Jaya Packaging merupakan perusahaan yang bergerak di bidang industri plastik. PT Starindo Jaya Packaging memenuhi kebutuhan cup plastik dari berbagai industri termasuk Teh Bandulan. Produksi plastik tersebut menggunakan Mesin thermoforming atau disebut juga Mesin ILIG. Mesin ILIG seringkali mengalami kerusakan secara tiba-tiba dan menyebabkan kegiatan produksi terganggu. PT Starindo Jaya Packaging belum menerapkan penjadwalan penggantian kompoen yang dapat meminimalkan terganggunya kegiatan produksi. Permasalahan tersebut akan diselesaikan dengan Metode Age Replacement. Berdasarkan pengolahan data dan analisis hasil yang telah dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa penjadwalan penggantian komponen Mesin ILIG pada PT Starindo Jaya Packaging dapat dibuat menggunakan metode age replacement. Frekuensi penggantian sebelum diolah menggunakan metode age replacement adalah sebanyak 93 kali sedangkan frekuensi penggantian setelah data diolah menggunakan metode age replacement adalah 63 kali. Jadwal penggantian tersebut digabungkan sesuai dengan tanggal yang berdekatan maksimal 10 hari, maka jumlah frekuensi penggantian tersebut adalah sebesar 26 kali. Kata Kunci : Maintenance, Age Replacement

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 01 Oct 2019 04:29
Last Modified: 01 Oct 2019 04:29
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/21401

Actions (login required)

View Item View Item