PERSEPSI PENONTON CHANNEL YOUTUBE PANDJI PRAGIWAKSONO (Studi Pada Video “Tidak Mungkin Meminta Komedian Berhenti Menyinggung)

Atmaningtias, Vita Dewi (2019) PERSEPSI PENONTON CHANNEL YOUTUBE PANDJI PRAGIWAKSONO (Studi Pada Video “Tidak Mungkin Meminta Komedian Berhenti Menyinggung). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (15kB) | Preview
[thumbnail of cover proposal.pdf]
Preview
Text
cover proposal.pdf

Download (138kB) | Preview
[thumbnail of HAL PERSETUJUAN DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
HAL PERSETUJUAN DAFTAR ISI.pdf

Download (486kB) | Preview
[thumbnail of SKRIPSI-FULL-VITA.pdf] Text
SKRIPSI-FULL-VITA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Munculnya sosial media membuat masyarakat semakin mudah dalam mencari informasi dan juga hiburan. Salah satu sosial media yang digemari saat ini adalah Youtube. Konten yang cukup banyak dicari biasanya adalah konten komedi. Jenis komedi yang digemari oleh anak muda saat ini adalah Stand Up Comedy. Pada platform ini, kita dapat bebas berekspresi dan berkreatifitas tanpa adanya aturan yang mengikat. Hal ini membuat kasus-kasus ketersinggungan di Indonesia semakin marak. Kurangnya pemahaman masyarakat tentang Stand Up Comedy menimbulkan munculnya kasus-kasus ketersinggungan diantara penonton dan komedian. Untuk mengurangi munculnya kasus-kasus ketersinggungan, Pandji Pragiwaksono membuat video opini yang berjudul "Tidak Mungkin Meminta Komedian Berhenti Menyinggung". Tujuan penelitian ini adalah melihat persepsi penonton channel Youtube Pandji Pragiwaksono terhadap kesan yang diperoleh oleh responden melalui panca indera dengan menggunakan konsep persepsi dan teori perbedaan individu. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dan menggunakan wawancara sebagai teknik pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukan bahwa penonton menghasilkan persepsi positif yang dapat memberikan informasi tentang pemahaman toleransi berkomedi dan persepsi negatif yang menganggap bahwa beberapa opini Pandji Pragiwaksono kurang tepat dengan situasi masyarakat. Penonton memiliki persepsi bahwa komedi tidak menyinggung melainkan orang yang tersinggung tetapi seorang komedian juga perlu berhati-hati dalam membuat materi dan memilih audiens.selain itu, penonton juga memiliki persepsi yang bervariasi walaupun diberi stimuli yang sama karena perbedaan latar belakang. Proses terjadinya persepsi dipengaruhi oleh faktor perhatian, faktor fungsional, dan faktor struktural. Penonton memilki pemikiran yang lebih terbuka terhadap komedi setelah menonton video Pandji Pragiwaksono.
Kata Kunci: Youtube, Komedi, Persepsi, Perbedaan Individu

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 30 Sep 2019 06:37
Last Modified: 13 Sep 2023 04:23
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/21360

Actions (login required)

View Item View Item