POLA KOMUNIKASI INTERPERSONAL ANTARA GURU DAN MURID SEKOLAH KHUSUS AUTISME BINA ANGGITA KOTA MAGELANG

Arifin, Muhammad Syamsul (2019) POLA KOMUNIKASI INTERPERSONAL ANTARA GURU DAN MURID SEKOLAH KHUSUS AUTISME BINA ANGGITA KOTA MAGELANG. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
pengesahan.pdf

Download (520kB) | Preview
[img]
Preview
Text
persetujuan.pdf

Download (464kB) | Preview
[img] Text
skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai pola komunikasi antara Guru dan murid di Sekolah Khusus Autisme Kota Magelang. Sekolah Khusus Autisme Kota Magelang adalah satu-satunya sekolah khusus bagi anak autis. Sekolah khusus autism memiliki cara pengajaran yang berbeda dengan sekolah luar biasa maupun sekolah klasik lainnya. Penelitian ini menggunakan teori kompetensi komunikasi dan pelanggaran harapan. Teori kompetensi digunakan karena guru SLB harus memiliki kompetensi yang sesuai sehingga mampu menciptakan komunikasi yang baik dengan murid. Teori pelanggaran harapan digunakan karena guru maupun murid pasti memiliki feedback yang diharapkan, namun tidak terpenuhi karena murid autis gagal untuk menyampaikan keinginannya, ataupun guru yang gagal memahaminya. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif yang berpusat pada komunikasi interpersonal antara guru dengan murid di Sekolah Khusus Autisme Kota Magelang pada proses pembelajaran. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah melalui observasi, wawancancara, dan juga dengan dokumen pendukung. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pola komunikasi yang terbentuk di sekolah khusus autisme ini adalah sirkuler. Pada pola komunikasi sirkuler ini feedback menjadi penentu penting dalam keberhasilan komunikasi. Feedback mampu diperolah apabila telah terjadi pendekatan dan tidak terjadi penolakan dari murid, mengacu pada penggunaan metode dan media pembelajaran, bahasa verbal dan non verbal, lima sikap positif pendukung komunikasi interpersonal.. Kata Kunci: kualitatif, pola komunikasi, komunikasi interpersonal, autism, kompetensi komunikasi, pelanggaran harapan

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 30 Sep 2019 04:10
Last Modified: 30 Sep 2019 04:10
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/21348

Actions (login required)

View Item View Item