DENTIFIKASI STRUKTUR DOMINAN CEKUNGAN KENDENG MENGGUNAKAN DATA GRAVITASI

PRABOWO, RADEN MUHAMMAD RIFAI CAHYO (2019) DENTIFIKASI STRUKTUR DOMINAN CEKUNGAN KENDENG MENGGUNAKAN DATA GRAVITASI. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
COVER PDF.pdf

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (149kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (105kB) | Preview
[img] Text
RADEN MUHAMMAD RIFAI CAHYO PRABOWO 115140020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Telah dilakukan penelitian dengan metode gravitasi pada provinsi Jawa Timur yang mencakup tujuh kabupaten/kota diantaranya Kabupaten Kediri, Bojonegoro, Jombang, Madiun, Ngawi, Blora, Lamongan, Tuban, Blitar, Tulungagung, Ponorogo, Trenggalek, dan Magetan. Struktur dominan bawah permukaan berupa jalur Kendeng, sesar mendatar Pacal dan Bladogan sebagai struktur pengontrol kemunculan Gunung Pandan, serta kemenerusan kedalaman struktur menjadi target penelitian. Data diperoleh dari hasil pengukuran satelit gravimetri dengan luasan sebesar 9.570 Km 2 yang melewati Gunungapi Pandan dan Gunungapi Wilis. Daerah penelitian berada pada koordinat 555472.08 - 637963.71 mE dan 9110094.74 - 9226110.86 mN yang berada pada zona 49S(WGS 84). Data di proses dengan melakukan koreksi bouger dan koreksi medan hingga mendapatkan data ABL yang kemudian dilakukan filter Butterworth guna melakukan pemisahan anomali regional – lokal. Filter Total Horizontal Derivative dan Tilt Derivative dilakukan untuk memunculkan respon batas anomali yang diidentifikasi sebagai sesar naik Kendeng serta sesar mendatar Pacal dan Bladogan sebagai struktur pengontrol munculnya Gunungapi Pandan. Analisa spektrum dilakukan untuk mengetahui kedalaman anomali pada zona residual dan regionalnya yang kemudian akan digunakan untuk menyajikan penampang model sayatan 2,5 D untuk mendampilkan model keadaan bawah permukaan pada daerah penelitian. Didapatkan nilai ABL rendah pada Gunungapi Pandan dan kawah Gunungapi Wilis yang diduga sebagai material plastis berupa magma di bawah permukaan, serta didapatkan kenampakan jalur sesar naik Kendeng yang membentang dan menerus dengan orientasi arah timur – barat, kenampakan sesar mendatar Pacal dan Bladogan yang berkembang relatif ke selatan, serta kedalaman struktur yang mencapai 9,7 Km, serta disimpulkan bahwa batas utara cekungan Kendeng merupakan sesar naik Kendeng dan batas bagian selatan adalah busur gunungapi kuarter dan pada zona deposenter Kendeng hingga kedalaman 9,7 Km batuan yang diduga basement belum dapat teridentifikasi.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: gravitasi, cekungan kendeng, gunungapi pandan, gunungapi wilis, butterworth, total horizontal derivative, tilt derivative
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GB Physical geography
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Geography
Depositing User: Nurul Alifah Rahmawati
Date Deposited: 30 Sep 2019 03:47
Last Modified: 30 Sep 2019 03:47
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/21343

Actions (login required)

View Item View Item