PENGEMBANGAN MODEL PREVENTIVE MAINTENANCE PADA ARMADA BUS TRANS JOGJA (Studi kasus pada PT Anindya Mitra Internasional Yogyakarta)

Hamzah, Irham Nurul (2019) PENGEMBANGAN MODEL PREVENTIVE MAINTENANCE PADA ARMADA BUS TRANS JOGJA (Studi kasus pada PT Anindya Mitra Internasional Yogyakarta). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
1.Cover1.pdf

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2.lembar pengesahann.pdf

Download (403kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6.ABSTRAK 1 irham.pdf

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5.daftar isi FINAL.pdf

Download (295kB) | Preview
[img] Text
Tugas Akhir Full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Transportasi massal merupakan sarana angkutan penumpang untuk masyarakat umum dalam rangka memenuhi kebutuhan aktivitas sehari-hari. Bus Trans Jogja adalah salah satu layanan fasilitas umum masyarakat di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Ketersediaan jumlah Bus Trans Jogja sangat penting untuk mengakomodir kegiatan operasional bus. Kehandalan mesin merupakan salah satu faktor agar terpenuhinya ketersediaan jumlah bus sehingga dapat mencegah terjadinya breakdown mesin. Perlu adanya pemeliharaan pencegahan terjadwal agar dapat meminimalisir terjadinya breakdown mesin. Penelitian ini bermaksud untuk menentukan waktu optimal dalam pemeliharaan pencegahan sehingga diharapkan dapat mencegah terjadinya breakdown mesin. Penentuan waktu pemeliharaan pencegahan optimal didasarkan pada data historis yang didapatkan dari Bus Trans Jogja yang kemudian ditentukan dengan model total biaya pemeliharaan. Total biaya pemeliharaan meliputi biaya pemeliharaan pencegahan, biaya pemeliharaan perbaikan, biaya kerugian, dan biaya penalti. Berdasarkan pengolahan data dan analisis yang telah dilakukan, diperoleh interval waktu optimal pada pemeliharaan pencegahan yaitu 2.2 bulan (66 hari) sehingga dalam setahun melaksanakan 6 kali pemeliharaan pencegahan. Estimasi biaya total pemeliharaan bus dalam satu tahun adalah Rp 57.391.444,00 meliputi biaya pemeliharaan pencegahan sebesar Rp 34.921.668,00 , biaya pemeliharaan perbaikan sebesar Rp 22.469.776,00 , biaya kerugian sebesar Rp 12.881.354,00 dan biaya penalti sebesar Rp 24.000.00,00. Deviasi relative estimasi biaya total kegiatan pemeliharaan bus terhadap biaya total pemeliharaan bus aktual sebesar 0,009% lebih besar dari biaya total kegiatan pemeliharaan bus.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Transportasi, breakdown, deviasi relative, interval
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Nurul Alifah Rahmawati
Date Deposited: 30 Sep 2019 03:20
Last Modified: 30 Sep 2019 03:20
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/21330

Actions (login required)

View Item View Item