PENENTUAN PARAMETER PENGELASAN LISTRIK YANG OPTIMAL TERHADAP KEKUATAN TARIK LAS PADA AS BAHAN PEMUTAR MESIN PENGERING MENGGUNAKAN METODE TAGUCHI (Studi Kasus di UD. Hari Mukti Teknik, Bantul, Yogyakarta)

Setiawan, Indra (2019) PENENTUAN PARAMETER PENGELASAN LISTRIK YANG OPTIMAL TERHADAP KEKUATAN TARIK LAS PADA AS BAHAN PEMUTAR MESIN PENGERING MENGGUNAKAN METODE TAGUCHI (Studi Kasus di UD. Hari Mukti Teknik, Bantul, Yogyakarta). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
3. TA_ INDRASETIAWAN_COVER.pdf

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. TA_INDRASETIAWAN_PENGESAHAN.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. TA_INDRASETIAWAN_ABSTRAK.pdf

Download (187kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. TA_INDRASETIAWAN_DAFTARISI.pdf

Download (192kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK UD Hari Mukti Teknik merupakan salah satu unit dagang yang bergerak di industri barang logam di Yogyakarta. Salah satu produknya adalah mesin pengering laundry. Permasalahan yang sering terjadi pada proses produksi mesin laundry adalah kualitas hasil pengelasan as mesin pengering, terutama dalam hal kekuatan. Berdasarkan data yang diperoleh saat observasi lapangan, pada 30 kali proses pengelasan ditemukan 4 buah kecacatan. Untuk menyelesaikan permasalahan tersebut, salah satu metode yang dapat digunakan adalah desain eksperimen (metode Taguchi). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kekuatan tarik las yang optimal melalui eksperimen terkait pengelasan listrik pada as pemutar mesin pengering. Faktor-faktor yang dianalisis adalah pengaturan mesin pengelasan dengan mengutamakan diameter elektroda sebesar 2,4 mm, 3,2 mm dan 4,0 mm, arus pengelasan 105 A, 110 A dan 115 A, dan jarak pengelasan 1 mm, 2 mm dan 3 mm. Hasil penelitian menunjukkan bahwa interaksi antara diameter elektroda dan arus pengelasan pertama pada level 2, diameter elektroda pada level 2 dan jarak pengelasan pada level 3 memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kekuatan tarik las. Hasil pengolahan data menunjukkan bahwa kombinasi faktor dan level yang optimal adalah kombinasi baru dengan diameter 3,2 mm, arus pengelasn 110 A serta jarak pengelasan 3 mm yang menghasilkan kuat tekan dengan rata-rata 359,608 mpa ± 11,541 mpa. Kata kunci : kualitas as pemutar mesin pengering , kuat tarik, metode taguchi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 30 Sep 2019 03:19
Last Modified: 30 Sep 2019 03:19
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/21329

Actions (login required)

View Item View Item