PERENCANAAN PENGENDALIAN PERSEDIAAN MCCB DENGAN PENERAPAN JOINT REPLENISHMENT ORDER MODEL (Studi Kasus pada PT Jogja Mitra Panel di Kota Yogyakarta)

Arwendaputri, Metha Dhiya (2019) PERENCANAAN PENGENDALIAN PERSEDIAAN MCCB DENGAN PENERAPAN JOINT REPLENISHMENT ORDER MODEL (Studi Kasus pada PT Jogja Mitra Panel di Kota Yogyakarta). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (771kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (95kB) | Preview
[img] Text
Skripsi Full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

PT Jogja Mitra Panel (PT JMP) merupakan perusahaan yang bergerak dibidang penyedia jasa pelayanan teknik dan pengadaan barang terutama dalam hal mechanical dan electrical yang berada di Daerah Istimewa Yogyakarta. Produk PT JMP berasal dari beberapa pemasok, yaitu PT Mandala Adhiperkasa Sejati dan CV Utama Jaya Elektrindo. Pemesanan Moulded Case Circuit Breaker (MCCB) dilakukan secara berulang dalam sebulan sehingga mengakibatkan interval waktu pemesanan terlalu sering dan menimbulkan biaya persedian yang tinggi. Apabila terjadi keterlambatan dalam produk tiba di konsumen, maka akan menyebabkan biaya keterlambatan 5% per hari. Sehingga dapat merugikan perusahaan dan mempengaruhi tingkat kepuasan pelanggan. Oleh karena itu, diperlukan suatu perencanaan pengendalian persediaan probabilistik berupa kuantitas pemesanan optimal, interval waktu pemesanan, dan total biaya persediaan pada masingmasing pemasok. Penelitian ini membahas mengenai perencanaan pengendalian persediaan MCCB dengan penerapan joint replenishment order model sehingga terwujudnya kuantitas pemesanan yang optimal dengan interval waktu pemesanan teratur dan biaya persediaan yang minimal. Prinsip dasar pada metode ini adalah mengabungkan suatu pesanan item ke dalam pesanan item lain yang dipesan pada waktu bersamaan. Berdasarkan hasil penelitian, dapat diketahui bahwa terjadi penghematan pada masing-masing pemasok. Penerapan joint replenishment order model ini menghasilkan kuantitas pemesanan optimal PT JMP kepada PT Mandala Adhiperkasa Sejati sebanyak 864 pcs dan kepada CV Utama Jaya Elektrindo sebanyak 1.584 pcs, interval waktu pemesanan yang dilakukan oleh PT JMP kepada PT Mandala Adhiperkasa Sejati sebanyak 7,5 kali pemesanan setiap tahunnya dan kepada CV Utama Jaya Elektrindo sebanyak 3,1 kali pemesanan setiap tahunnya, serta total biaya persediaan yang dikeluarkan oleh PT JMP kepada PT Mandala Adhiperkasa Sejati sebesar Rp874.472.342,7 dan kepada CV Utama Jaya Elektrindo sebesar Rp1.235.363.028. Hal ini dapat menjadi pertimbangan untuk diterapkan pada PT JMP terutama dalam proses pemesanan kepada pemasok.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Pengendalian Persediaan, Joint Replenishment Order Model, MCCB.
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Nurul Alifah Rahmawati
Date Deposited: 30 Sep 2019 03:13
Last Modified: 30 Sep 2019 03:13
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/21327

Actions (login required)

View Item View Item