OPTIMASI PRODUKSI MINYAK DENGAN REDESIGN CONTINOUS GAS LIFT PADA SUMUR ES LAPANGAN SPR PT. PERTAMINA EP ASSET 3 FIELD TAMBUN

SIANIPAR, EASTMAN (2019) OPTIMASI PRODUKSI MINYAK DENGAN REDESIGN CONTINOUS GAS LIFT PADA SUMUR ES LAPANGAN SPR PT. PERTAMINA EP ASSET 3 FIELD TAMBUN. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (337kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (147kB) | Preview
[img] Text
SKRIPSI FULL EASTMAN SIANIPAR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Sumur ES yang berada di Lapangan Tambun Pertamina EP Asset 3 dengan artificial lift yang diterapkan adalah continuous gas lift. Data produksi sumur ES sebelum dioptimasi adalah gross sebesar 210 BFPD, q Oil sebesar 12 BOPD, dan memiliki q Gas Injection sebesar 0.5088 MMSCFD. Optimasi operasi continuous gas lift dimaksudkan untuk mengetahui apakah masih dapat ditingkatkan laju produksinya dengan memanfaatkan langsung sumur gas sebagai gas injeksi operasi gas lift sumur kajian. Metode yang digunakan dalam optimasi sumur continuos gas lift, yaitu inflow perfomance (analisa produktifitas sumur pada kurva IPR) dan outflow perfomance (distribusi tekanan aliran di sepanjang tubing pada kurva VLP). Metode IPR yang dipakai pada sumur ES adalah metode Wiggins, sedangkan untuk kurva VLP pada sumur kajian dibuat dengan menggunakan persamaan Hagedorn & Brown dengan perhitungan manual. Setelah dilakukan analisa pada IPR dan VLP maka dilakukan optimasi gas lift untuk menentukan tekanan gas injeksi optimum dan rate gas injeksi optimum dengan melaukan plot pada gas lift performance curve .Metode optimasi berikutnya adalah dengan redesign, pada tahapan ini menentukan tekanan injeksi dipermukaan, tekanan di kepala sumur, valve operasi, dan rate injeksi gas optimum, dan menentukan titik-titik valve unloading. GLRt optimum ditentukan dari plot antara laju produksi yang diperoleh dari perpotongan kurva tubing intake dengan GLRt asumsi pada sumur kajian. Untuk menentukan GLRt optimum pada penelitian ini dibantu dengan perhitungan manual. Hasil re-design gas lift continous sumur ES adalah : pada tekanan injeksi gas dipermukaan optimum sebesar 764.7 Psia akan menghasilkan kedalaman titik injeksi (valve operasi) sedalam 4569.13 ft TVD, mempunyai 5 valve unloading dan 1 valve operasi. GLRt sebesar 8100 SCF/STB, laju produksi sebesar 335 BFPD (20.22 BOPD), dan rate gas injeksi optimum sebesar 2.648 MMSCFD.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TN Mining engineering. Metallurgy
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Nurul Alifah Rahmawati
Date Deposited: 30 Sep 2019 02:50
Last Modified: 30 Sep 2019 02:50
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/21314

Actions (login required)

View Item View Item