KONSTRUKSI FANTASI ANAK TERHADAP PROFESI MELALUI SEKOLAH MIMPI

Amini, Hilcegita Cesiatry (2019) KONSTRUKSI FANTASI ANAK TERHADAP PROFESI MELALUI SEKOLAH MIMPI. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (491kB) | Preview
[thumbnail of HALAMAN PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (507kB) | Preview
[thumbnail of ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (509kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Profesi merupakan bagian dari budaya kehidupan manusia untuk memenuhi
kebutuhan dengan menggunakan suatu keahlian tertentu. Sekolah mimpi dari
komunitas Saung Mimpi menjadi sarana bagi anak dalam memahami ragam profesi.
Penelitian ini berfokus menganalisis konstruksi fantasi profesi menurut interpretasi
anak yang di observasi selama proses interaksi dan komunikasi yang terjadi dalam
kegiatan sekolah mimpi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan
pendekatan konstruktivisme. Observasi partisipan, wawancara mendalam dan
dokumentasi digunakan selama penelitian untuk mengumpulkan data. Analisis tema
fantasi sebagai bagian dari teori konvergensi simbolik oleh Ernest Bormann,
digunakan untuk menganalisis data. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa adanya
dramatisasi pesan oleh pemahaman anak terhadap konstruksi profesi dalam tiga
bentuk, terdiri dari: (1) Permainan profesi, dimana anak-anak menempatkan diri
sebagai bagian dari kelompok profesi, (2) Pengetahuan profesi sebagai tema
identifikasi profesi dengan pengalaman pribadi anak, dan (3) Keutamaan cita-cita
anak sesuai dengan slogan komunitas “mari bermimpi dan mewujudkannya!”.
Konstruksi fantasi tersebut dapat membantu anak dalam membentuk konsepsi
pemahaman interpretif mengenai keputusan realita profesi dalam kehidupannya.
Kata kunci : Profesi, Konstruksi Fantasi, Konvergensi Simbolis
xvii
ABSTRACT
Profession is a part of human culture to fulfill the needs by using certain skills.
Sekolah mimpi by Saung Mimpi community has become a place for children to
understand about various professions. This research focuses on analyzing fantasy
construction of profession according to the children intepretation that was observed
during interaction and communication process occured in sekolah mimpi. This study
uses qualitative method with constructivist approach. Participant observation, indepth
interviews and documentation were used during the study to collect the data.
Fantasy theme analyisis as a part of Symbolic convergence theory by Ernest
Bormann, was used to analyze the data. The research result shows that the message
dramatization process in children interpretation towards the profession construction
does exist in three forms, consists of: (1) Profession’s play, where the children place
themselves as a part of profession’s group, (2) Profession’s knowledge as a theme of
profession identification with children’s personal experience, and (3) The virtue of
children’s future career in accordance with the community slogan, “Let’s dream and
make it happen!”. Those fantasy construction can help children to form a conception
of interpretive understanding about the decisions of professions’ reality in their lives.
Keyword : Profession, Fantasy Construction, Symbolic Convergence

Item Type: Thesis (Other)
Subjek: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: x. Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Sarimin Sarimin
Date Deposited: 30 Sep 2019 02:08
Last Modified: 30 Sep 2019 02:08
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/21302

Actions (login required)

View Item View Item