PERANCANGAN LINGKUNGAN KERJA FISIK DARI ASPEK PENCAHAYAAN DAN ASPEK TEMPERATUR DI STASIUN KERJA PEMBUBUTAN DAN PENGEBORAN (Studi Kasus di UD Cantenan, Bantul, Yogyakarta)

Pratomo, Wahyu Sidik (2019) PERANCANGAN LINGKUNGAN KERJA FISIK DARI ASPEK PENCAHAYAAN DAN ASPEK TEMPERATUR DI STASIUN KERJA PEMBUBUTAN DAN PENGEBORAN (Studi Kasus di UD Cantenan, Bantul, Yogyakarta). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (388kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. ABSTRAK.pdf

Download (287kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI.pdf

Download (419kB) | Preview
[img] Text
SKRIPSI_FULL_WAHYU_SIDIK_PRATOMO.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

UD Cantenan adalah industri yang bergerak di jasa pengecoran logam aluminium dan bubut. Berdasarkan hasil observasi di UD Cantenan, diperoleh kondisi lingkungan kerja fisik dari aspek pencahayaan dan temperatur masih jauh dari rasa nyaman dan tidak sesuai standar sehingga perlu perbaikan pencahayaan dan temperatur pada ruangan tersebut. Untuk mendapatkan pencahayaan dan temperatur yang sesuai standar, maka diperlukan perbaikan. Dari aspek pencahayaan, penelitian ini menggunakan Metode Lumen (Lumen Method atau Zonal Cavacity Method, ZCM). Selain dari pencahayaan, lingkungan fisik dari aspek temperatur dirancang dengan menghitung kapasitas kipas yang dibutuhkan stasiun kerja pembubutan dan pengeboran sehingga ditentukan jumlah dan tipe kipas dengan volume udara yang tepat untuk ruangan tersebut. Dari hasil pengolahan data pada penelitian ini, dibutuhkan sebanyak 6 lampu berdaya 100 watt dan sebuah exhaust fan Exhaust Fan KDK Industrial Exhaust Fan – 40AAS dengan volume udara 2010 CFM serta mampu menurunkan tingkat kelelahan fisik yang sebelumnya sebesar 30,64% menjadi 27.96%.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Metode Lumen, Pencahayaan, Temperatur
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Nurul Alifah Rahmawati
Date Deposited: 27 Sep 2019 04:28
Last Modified: 27 Sep 2019 04:28
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/21296

Actions (login required)

View Item View Item