ENENTUAN SUPPLIER KEMASAN PRODUK VCO BERBASIS DECISION SUPPORT SYSTEM (DSS) MENGGUNAKAN METODE AHP (Studi kasus di PT. Krambil Idjo Jogja)

Wahyuningtias, Dwi Utari (2019) ENENTUAN SUPPLIER KEMASAN PRODUK VCO BERBASIS DECISION SUPPORT SYSTEM (DSS) MENGGUNAKAN METODE AHP (Studi kasus di PT. Krambil Idjo Jogja). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (154kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SCAN LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI .pdf

Download (104kB) | Preview
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Supplier memiliki peranan penting di dalam suatu perusahaan, supplier yang baik akan memberikan dampak baik terhadap perusahaan, sebaliknya supplier yang buruk akan memberikan dampak buruk bagi perusahaan. PT. Krambil Idjo Jogja tidak memiliki supplier kemasan tetap karena perusahaan tidak mencukupi batasan minimal pemesanan yang ditetapkan oleh supplier, sehingga supplier seringkali tidak dapat memenuhi pesanan karena mendahulukan perusahaan lain yang memesan lebih banyak. Dikarenakan tidak memiliki supplier tetap, perusahaan akan menentukan supplier baru yang lebih baik agar tidak menimbulkan masalah seperti sebelumnya. Penentuan supplier dengan mempertimbangkan unsur kriteria yang dilakukan secara manual akan membutuhkan banyak waktu dan kemungkinan terjadinya kesalahan juga besar. Penelitian ini bertujuan untuk mempermudah dalam menentukan supplier kemasan produk VCO berdasarkan kriteria yang ditentukan dengan bantuan program DSS, sehingga proses penentuan supplier dapat lebih efektif dan efisien. Dalam penelitian ini, metode yang digunakan adalah metode AHP yang dilakukan dalam beberapa tahap mulai dari pembobotan, normalisasi data, mencari eigen vektor, dan menghitung rasio konsistensi (RC). Data dapat dikatakan konsisten apabila nilai RC < 0,1 atau 10%. Setelah itu mencari bobot prioritas global untuk menentukan supplier terbaik. Kemudian dirancang sebuah program DSS yang dapat mempermudah proses penentuan supplier kemasan produk VCO terbaik. Berdasarkan hasil penelitian, didapatkan kesimpulan bahwa DSS yang dibuat sudah layak digunakan karena program dapat menghitung menggunakan metode AHP dengan lebih cepat dari proses perhitungan manual. Hasil perhitungan menunjukkan bahwa supplier yang sebaiknya dipilih oleh perusahaan untuk masing-masing jenis kemasan adalah Jordan Plastik, PT.Asia Pramulia, dan Lendis dengan bobot prioritas masing-masing sebesar 0,276, 0,304, dan 0,284.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Supplier, AHP, DSS
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Nurul Alifah Rahmawati
Date Deposited: 26 Sep 2019 08:01
Last Modified: 26 Sep 2019 08:01
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/21284

Actions (login required)

View Item View Item