USULAN PERBAIKAN PROSES PRODUKSI SARUNG TANGAN GOLF UNTUK MEMINIMASI WASTE DENGAN PENDEKATAN LEAN SIX SIGMA (Studi Kasus pada CV Cahaya Setia Mulia, Kab. Sleman, Yogyakarta)

Manurung, Yuli Anggria Ningsi (2019) USULAN PERBAIKAN PROSES PRODUKSI SARUNG TANGAN GOLF UNTUK MEMINIMASI WASTE DENGAN PENDEKATAN LEAN SIX SIGMA (Studi Kasus pada CV Cahaya Setia Mulia, Kab. Sleman, Yogyakarta). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (385kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (122kB) | Preview
[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

CV Cahaya Setia Mulia merupakan salah satu perusahaan manufaktur yang memproduksi sarung tangan golf di Kab. Sleman, Yogyakarta. Pada proses produksinya perusahaan memiliki kebijakan untuk melebihkan jumlah yang diproduksi sebagai produk pengaman apabila terjadi kerusakan pada produk. Pada bulan November 2018-Januari 2019 jumlah produk yang rusak sebesar 10% dari total produk yang di produksi. Pengerjaan ulang perlu dilakukan untuk memperbaiki produk yang rusak, namun mengakibatkan produk yang telah dijadwalkan untuk diproduksi harus menunggu untuk dikerjakan. Kemampuan pekerja yang berbeda-beda untuk menyelesaikan pekerjaannya juga merupakan salah satu penyebab produk menunggu untuk dikerjakan karena terdapat pekerja yang melakukan pekerjaannya tidak sesuai dengan prosedur sehingga terjadi pergerakan yang tidak diperlukan. Berdasarkan permasalahan tersebut maka dapat diidentifikasi terdapat beberapa waste sehingga diperlukan usulan perbaikan pada proses produksi sarung tangan golf untuk meminimasi waste dengan menggunakan metode lean six sigma. Pendekatan lean six sigma merupakan salah satu upaya yang dilakukan untuk meminimasi waste. Dengan menggunakan pendekatan lean six sigma maka dapat mempercepat proses produksi perusahaan dengan pendekatan lean dan menigkatkan kualitas produk yang dihasilkan dengan pendekatan six sigma. Sehingga pendekatan lean six sigma digunakan untuk menyelesaikan permasalahan yang terdapat pada CV Cahaya Setia Mulia. Setelah dilakukan pengolahan data dan pemberian usulan perbaikan, diketahui bahwa usulan perbaikan yang diberikan pada waste defect menghasilkan peningkatan nilai sigma dari 3,55 menjadi 3,80 dan waste motion menghasilkan penataan ulang layout meja kerja yang akan meningkatkan kenyamanan pekerja dan mengurangi waktu pencarian barang serta waste process menghasilkan peningkatan nilai process cycle efficiency dari 68% menjadi 78% dan menurunnya total leadtime proses produksi dari 542,76 menit menjadi 469,94 menit.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Lean six sigma, Lean manufacturing, Six sigma, Metode 5S
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Nurul Alifah Rahmawati
Date Deposited: 25 Sep 2019 08:01
Last Modified: 25 Sep 2019 08:01
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/21274

Actions (login required)

View Item View Item