ANALISIS PENERAPAN AKAD MURABAHAH MENURUT PSAK 102 DAN FATWA 111/DSN-MUI/IX/2017 (Studi pada Kantor Pusat KSPPS Makmur Gemilang Sejahtera Kabupaten Magelang)

Irfantono, Muhammad Hanif (2019) ANALISIS PENERAPAN AKAD MURABAHAH MENURUT PSAK 102 DAN FATWA 111/DSN-MUI/IX/2017 (Studi pada Kantor Pusat KSPPS Makmur Gemilang Sejahtera Kabupaten Magelang). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (137kB) | Preview
[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Salah satu produk pembiayaan yang disalurkan oleh BMT adalah Pembiayaan Murabahah, yaitu akad jual beli barang dengan harga jual sebesar biaya perolehan ditambah pendapatan yang disepakati, dan penjual harus mengungkapkan biaya perolehan barang tersebut kepada pembeli. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kesesuaian sistem pembiayaan murabahah pada KSPPS Makmur Gemilang Sejahtera dengan PSAK 102 dan Fatwa 111/DSN-MUI/IX/2017. Penelitian ini dilakukan di kantor pusat KSPPS Makmur Gemilang Sejahtera Kabupaten Magelang. Data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan data primer yang diperoleh melalui wawancara. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) perlakuan akuntansi murabahah di Kantor Pusat KSPPS Makmur Gemilang Sejahtera Kabupaten Magelang telah sesuai dengan PSAK No. 102, namun belum sepenuhnya. KSPPS Makmur Gemilang Sejahtera tidak menerapkan beberapa poin PSAK 102 sehingga tidak memberatkan nasabah; 2) perlakuan akuntansi murabahah di KSPPS Makmur Gemilang Sejahtera sudah sesuai dengan Fatwa No 111/DSN-MUI/IX/2017 tentang Akuntansi Murabahah.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 25 Sep 2019 07:35
Last Modified: 25 Sep 2019 07:35
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/21270

Actions (login required)

View Item View Item