KAJIAN TEKNIS KOLAM PENGENDAPAN (SETTLING POND) SWP 04 PADA AREA STOCKPILE BATUBARA PT. MEGAPRIMA PERSADA DI KECAMATAN LOA KULU, KUTAI KARTANEGARA, KALIMANTAN TIMUR

Ikrar, Chucun Haryadi (2019) KAJIAN TEKNIS KOLAM PENGENDAPAN (SETTLING POND) SWP 04 PADA AREA STOCKPILE BATUBARA PT. MEGAPRIMA PERSADA DI KECAMATAN LOA KULU, KUTAI KARTANEGARA, KALIMANTAN TIMUR. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
cover skripsi.pdf

Download (493kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Pengesahan.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (552kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (415kB) | Preview
[img] Text
Skripsi S1 Chucun Haryadi Ikrar (114130169).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

PT. Megaprima Persada adalah perusahaan pertambangan batubara dengan metode tambang terbuka yang terletak di Loa Kulu, Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur. Kegiatan ini memiliki potensi besar untuk menghasilkan air asam tambang (AAT). Dalam upaya menghasilkan air buangan yang aman, diperlukan suatu pengolahan secara khusus yaitu dengan pengolahan di kolam penetralan. Desain, konstruksi kolam pengendapan dan perlakuan/cara pengolahan merupakan hal penting dalam menentukan keberhasilan pengelolaan air limbah yang aman bagi lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis karakteristik air limbah, menghitung debit air limpasan dan mengalisis sumbernya serta mengkaji kelayakan kolam dan pengelolaannya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey, uji laboratorium, metode matematis dan metode analisis. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Parameter yang digunakan untuk sampel tanah adalah pH, Mn dan Fe sedangkan parameter yang digunakan untuk sampel air adalah pH, Mn, Fe dan TSS. (Peraturan Daerah Provinsi Kalimantan Timur No 02 Tahun 2011 Tentang Pengelolaan Kualitas Air Dan Pengendalian Pencemaran Air). Air limbah yang dihasilkan oleh kegiatan penambangan memiliki karakteristik Mn, Fe dan TSS yang aman dan masih dibawah baku mutu (PERDA KALTIM No. 02 Tahun 2011), namun memiliki nilai pH yang rendah (asam). Air limbah yang telah dilakukan pengolahan atau treatment mengalami kenaikan kualitas sehingga aman untuk dibuang ke perairan. Debit air yang harus diolah di Settling Pond SWP 04 adalah 1,12 m 3 /s yeng bersumber dari air hujan dan air limpasan jalan tambang. Arahan pengelolaan dalam meningkatkan kelayakan kolam pengendapan agar berfungsi secara maksimal yaitu dengan membuat mesin pengaduk kapur dan tawas agar tercampur dengan merata serta melakukan pengerukan dengan berkala.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: stockpile, kolam pengendapan, air limbah dan kualitas air.
Subjects: T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Civil Engineering and the Environment
Depositing User: Nurul Alifah Rahmawati
Date Deposited: 25 Sep 2019 07:35
Last Modified: 25 Sep 2019 07:35
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/21269

Actions (login required)

View Item View Item