PENJADWALAN PRODUKSI FLOW SHOP MENGGUNAKAN DISPATCHING RULE DENGAN MEMPERHATIKAN KEDATANGAN ORDER UNTUK MEMINIMASI MEAN TARDINESS (Studi Kasus di CV. Andi Offset, Yogyakarta)

P, Monica Noviana (2019) PENJADWALAN PRODUKSI FLOW SHOP MENGGUNAKAN DISPATCHING RULE DENGAN MEMPERHATIKAN KEDATANGAN ORDER UNTUK MEMINIMASI MEAN TARDINESS (Studi Kasus di CV. Andi Offset, Yogyakarta). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
3. Cover.pdf

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. Lembar Pengesahan.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Abstrak.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. Daftar Isi.pdf

Download (296kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1. Skripsi Full.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

CV Andi Offset merupakan perusahaan yang bergerak di bidang penerbitan buku dan penyedia jasa cetak, baik itu cetak buku penerbitan sendiri atau pesanan cetak buku dari luar perusahaan. Perusahaan menerapkan sistem produksi Make to Order (MTO) untuk setiap pesanan yang dikerjakan dan aliran produksinya bertipe general flow shop. Perusahaan membagi buku menjadi dua jenis, yaitu buku hitam putih dan buku berwarna sehingga mesin cetak yang digunakan dalam proses produksi pesanan dibedakan menjadi dua, yaitu mesin cetak hitam putih dan mesin cetak warna. Pesanan yang diterima oleh perusahaan ini bervariasi dan waktu kedatangan pesanan dinamis. Metode penjadwalan yang diterapkan oleh perusahaan ini adalah pesanan yang pertama kali datang yang akan dikerjakan terlebih dahulu. Metode penjadwalan seperti ini tidak mempertimbangkan lamanya waktu proses sehingga menyebabkan keterlambatan. Dalam mengatasi keterlambatan tersebut, perusahaan akan menerapkan lembur. Hal ini akan membuat penurunan kepercayaan konsumen. Penelitian ini menerapkan penjadwalan usulan dengan pengurutan menggunakan prioritas aturan earliest due date (EDD). Pesanan yang memiliki EDD sama, maka akan diurutkan menggunakan aturan prioritas shortest processing time (SPT) terkecil. Metode penyelesaian ini diharapkan dapat memberikan perbaikan dalam menyusun jadwal produksi dan mampu meminimasi mean tardiness. Hasil penelitian menunjukkan dengan penjadwalan aktual terdapat beberapa pesanan yang memiliki keterlambatan dengan total tardiness sebesar 212 dan mean tardiness-nya sebesar tiga hari. Berdasarkan hasil penjadwalan usulan semua pesanan tidak mengalami keterlambatan sehingga presentasi penurunan mean tardiness sebesar 100%.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Penjadwalan Produksi Dinamis, General Flow Shop, Make to Order, Mean Tardiness.
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Nurul Alifah Rahmawati
Date Deposited: 25 Sep 2019 07:14
Last Modified: 25 Sep 2019 07:14
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/21264

Actions (login required)

View Item View Item