PERENCANAAN PEMELIHARAAN MESIN CARDING DENGAN RELIABILITY CENTERED MAINTENANCE (RCM) UNTUK MEMINIMALKAN BIAYA PEMELIHARAAN (Studi Kasus pada PT Primayudha Mandiri Jaya, Jawa Tengah)

Yuwono, Ayub Hendry (2019) PERENCANAAN PEMELIHARAAN MESIN CARDING DENGAN RELIABILITY CENTERED MAINTENANCE (RCM) UNTUK MEMINIMALKAN BIAYA PEMELIHARAAN (Studi Kasus pada PT Primayudha Mandiri Jaya, Jawa Tengah). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (443kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (282kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar isi.pdf

Download (371kB) | Preview
[img] Text
Skripsi full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Pemeliharaan mesin merupakan suatu upaya untuk menjaga mesin agar tetap dalam kondisi yang baik sehingga proses produksi berjalan dengan lancar. PT Primayudha Mandiri Jaya telah melakukan perawatan mesin dengan baik, namun kerusakan mesin masih tejadi dengan frekuensi yang tinggi. Pada tahun 2018 persentase kerusakan komponen cylinder wire sebesar 21,94%, doffer wire sebesar 17,06%, dan apron belt sebesar 4,06%. Penelitian ini bertujuan untuk merencanakan pemeliharaan mesin carding dengan kebijakan Reliability Centered Maintenance (RCM) sehingga dapat meminimalkan biaya pemeliharaan. Reliability Centered Maintenance (RCM) merupakan salah satu metodologi atau pendekatan yang dapat digunakan dalam pemeliharaan mesin secara terintegrasi. RCM dapat menghasilkan suatu strategi pemeliharaan yang tepat dengan cara mengidentifikasi kegagalan fungsional pada mesin sehingga dapat mengetahui komponen kritisnya. Setelah mengetahui komponen kritis, maka akan dilakukan pemilihan strategi pemeliharaan dan perhitungan interval optimal yang dapat menentukan total biaya pemeliharaan yang minimal. Berdasarkan kebijakan RCM dapat diketahui ada 3 strategi pemeliharaan yang disebut dengan task selection, yaitu: scheduled on-condition, scheduled restoration, dan scheduled discard. Selain task selection, pemeliharaan komponen juga dilakukan dengan merencanakan interval perawatan yang optimal. Interval perawatan optimal pada mesin carding adalah 576 jam atau 24 hari. Adanya perawatan optimal dapat meningkatkan keandalan mesin carding sebesar 0,5-41% dan meminimalkan biaya pemeliharaan. Total biaya perawatan minimal untuk komponen cylinder wire sebesar Rp12.650,-per jam, doffer wire sebesar Rp25.064,-per jam, dan apron belt sebesar Rp19.050,- per jam.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: RCM, keandalan, pemeliharaan preventive, biaya pemeliharaan.
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Nurul Alifah Rahmawati
Date Deposited: 25 Sep 2019 06:32
Last Modified: 25 Sep 2019 06:32
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/21261

Actions (login required)

View Item View Item