PENGGUNAAN BAHASA JURNALISTIK PADA PEMBERITAAN PROSTITUSI ONLINE DI TRIBUNNEWS.COM (Analisis Isi Pemberitaan Prostitusi Online Selebritas Berinisial VA di Tribunnews.com Periode 5—16 Januari 2019)

Wulandari, Larastining Retno (2019) PENGGUNAAN BAHASA JURNALISTIK PADA PEMBERITAAN PROSTITUSI ONLINE DI TRIBUNNEWS.COM (Analisis Isi Pemberitaan Prostitusi Online Selebritas Berinisial VA di Tribunnews.com Periode 5—16 Januari 2019). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (187kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (197kB) | Preview
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (367kB) | Preview

Abstract

Kasus prostitusi online yang melibatkan VA ramai diberitakan di media, terutama media daring. Kasus ini terkuak ketika VA beserta rekannya dan pengguna jasa prostitusi ditangkap di salah satu hotel di Surabaya pada 5 Januari 2019. Penelitian ini berjudul Penggunaan Bahasa Jurnalistik pada Pemberitaan Prostitusi Online Selebritas Berinisial VA di Tribunnews.com Periode 5—16 Januari 2019. Penelitian ini ingin melihat bagaimana penggunaan bahasa jurnalistik pada pemberitaan kasus prostitusi online yang melibatkan VA. Penelitian ini juga melihat bagaimana pers menjalankan perannya yang bertanggung jawab pada masyarakat dan penerapan jurnalisme sensitif gender. Jenis penelitian yang digunakan adalah analisis isi kuantitatif dengan pendekatan teori pers tanggung jawab. Teori ini menekankan pada media yang berpihak pada masyarakat dalam menyampaikan informasi yang benar, akurat, dan objektif. Jurnalisme sensitif gender menekankan cara media menampilkan laki-laki dan perempuan yang seimbang. Hasil penelitian menunjukkan, Tribunnews.com masih menampilkan citra laki-laki dan perempuan yang timpang dan masih banyak penggunaan bahasa jurnalistik yang tidak sesuai dengan pedoman dan karakteristik normatif. Hal ini mengakibatkan kualitas informasi bagi masyarakat menurun. Peneliti menyarankan, Tribunnews.com tetap harus menjaga bahasa jurnalistik sesuai dengan pedoman dan karakteristik normatifnya serta menerapkan profesionalitas tinggi dengan menerapkan jurnalisme sensitif gender. Kata kunci: Bahasa Jurnalistik, Pers Tanggung Jawab, Jurnalisme Sensitif Gender, Prostitusi Online

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 24 Sep 2019 07:25
Last Modified: 24 Sep 2019 07:25
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/21228

Actions (login required)

View Item View Item