PEMODELAN AIRTANAH PADA PIT BATU HIJAU PT. AMMAN MINERAL NUSA TENGGARA, KABUPATEN SUMBAWA BARAT, PROVINSI NUSA TENGGARA BARAT

YUDHANTO, BRAMANTYO ADHI (2019) PEMODELAN AIRTANAH PADA PIT BATU HIJAU PT. AMMAN MINERAL NUSA TENGGARA, KABUPATEN SUMBAWA BARAT, PROVINSI NUSA TENGGARA BARAT. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (250kB) | Preview
[img]
Preview
Text
RINGKASAN.pdf

Download (6kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (50kB) | Preview

Abstract

Kondisi airtanah sangat mempengaruhi jalannya penambangan pada metode open pit, penelitian ini dilakukan untuk membuat model airtanah dengan tujuan untuk dapat memprediksi kondisi airtanah yang dapat digunakan sebagai acuan dalam pengelolaan airtanah pada pit Batu Hijau PT. Amman Mineral Nusa Tenggara (PT. AMNT) Metode penelitian dilakukan dengan pengumpulan data seperti data geologi yang meliputi geomorfologi, litologi, dan stratigrafi, kemudian data hidrogeologi yang meliputi pengukuran muka airtanah serta parameter akuifer. Selain itu juga diperlukan data lain seperti curah hujan. Dari semua data tersebut, dilakukan penggambaran kondisi hidrogeologi daerah penelitian yang kemudian digunakan sebagai acuan dalam pembuatan model aliran airtanah menggunakan perangkat lunak Visual MODFLOW. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hidrogeologi pada Batu Hijau tersusun oleh tiga jenis litologi; breksi vulkanik, diorit, dan tonalit yang memiliki permeabilitas yang sangat kecil. Dari hasil model, kedudukan muka airtanah tertinggi terdapat pada bagian Selatan-Barat pit dengan elevasi muka airtanah 400450 mdpl. Dalam dua tahun simulasi pemodelan, airtanah mengalami fluktuasi sebesar 4 hingga 30 m. Beberapa faktor yang menyebabkan fluktuasi antara lain recharge dan evapotranspirasi dari curah hujan dan juga hasil instalasi drainhole pada pit Batu Hijau. Dari hasil instalasi drainhole, debit air yang dapat dikeluarkan ialah sebesar 33.133 m / hari.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TN Mining engineering. Metallurgy
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Nurul Alifah Rahmawati
Date Deposited: 24 Sep 2019 07:13
Last Modified: 24 Sep 2019 07:13
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/21226

Actions (login required)

View Item View Item