PEMETAAN JENIS TANAH YANG BERKEMBANG DARI SEDIMEN KLASTIK DI DUSUN JOHO, DESA GEDAWUNG, KECAMATAN KISMANTORO, KABUPATEN WONOGIRI

SADZALI, NOR AKHMAD (2019) PEMETAAN JENIS TANAH YANG BERKEMBANG DARI SEDIMEN KLASTIK DI DUSUN JOHO, DESA GEDAWUNG, KECAMATAN KISMANTORO, KABUPATEN WONOGIRI. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (389kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INDONESIA DAN INGGRIS.pdf

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (27kB) | Preview

Abstract

Batuan sedimen klastik adalah akumulasi material sedimen seperti batu pasir, batu lempung, dan batu apung basal, kerikil, pasir, lanau, lumpur, endapan sungai. Akumulasi batuan sedimen klastik dengan bahan induk dan ketinggian yang beragam kemungkinan menghasilkan tanah dengan tingkat perkembangan berbeda. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengklasifikasikan tanah yang berkembang dari sedimen klastik ke tingkat subgrup dan memetakan jenis-jenis tanah yang berkembang dari sedimen klastik. Penelitian ini mengunakan metode survey, menentukan titik sampel berdasarkan unit tanah dalam peta sistem lahan yang dibuat dengan overlay peta geologi dan peta topografi. Sebelas pedon kemudian dideskripsi dan diklasifikasikan sementara menurut morfologi tanah. Lima pedon pewakil dipilih dan mengambil sampel dari masing-masing horizon untuk analisis di Laboratorium. Parameter yang dianalisis di Laboratorium meliputi tekstur, pH (H2O), pH (KCl), pH (K2SO4), C-Organik, KPK tanah dan lempung, dan basa-basa tertukar (Ca ). Kemudian semua tanah diklasifikasikan menggunakan Soil Taxonomy USDA 2014, Klasifikasi Tanah Nasional 2014. Kemudian diplot pada peta jenis tanah dengan skala 1: 15.000. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tanah di Dusun Joho dengan solum tebal adalah Lithic Haplustepts, Typic Humustepts, dan Anthraquik Haplustalfs yang terbentuk di Formasi Dayakan, Alluvium, dan Lawu Volcanic Rocks. Sedangkan tanah dengan solum tipis adalah Typic Ustorthentss yang terbentuk di Formasi Dayakan, Nglanggeran, Alluvium, dan Lawu Volcanic Rocks. Semua jenis tanah ini kemudian diklasifikasikan ke dalam Klasifikasi Tanah Nasional Indonesia secara berurutan sebagai berikut: Latosol Haplik, Kambisol Molik, Mediteran Haplik, dan Litosol.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Klasifikasi jenis tanah, pemetaan, sedimen klastik.
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Biological Sciences
Depositing User: Nurul Alifah Rahmawati
Date Deposited: 24 Sep 2019 02:59
Last Modified: 24 Sep 2019 02:59
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/21207

Actions (login required)

View Item View Item