PERANCANGAN LINGKUNGAN KERJA BERDASARKAN PENCAHAYAAN DI RUANG KERJA PELEBURAN DAN FINISHING (Studi Kasus pada Rantyo Abadi Cor Kuningan, Godean, Sleman)

AMALIA, REZA RIZKI (2019) PERANCANGAN LINGKUNGAN KERJA BERDASARKAN PENCAHAYAAN DI RUANG KERJA PELEBURAN DAN FINISHING (Studi Kasus pada Rantyo Abadi Cor Kuningan, Godean, Sleman). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
3. COVER.pdf

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (11kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI.pdf

Download (140kB) | Preview

Abstract

Rantyo Abadi Cor Kuningan merupakan salah satu UMKM di Yogyakarta yang memproduksi klintingan atau lonceng dengan berbagai macam ukuran. Berdasarkan hasil pengukuran awal di ruang kerja peleburan dan ruang kerja finishing, diperoleh kondisi lingkungan fisik kerja dari segi pencahayaan masih jauh dari rasa nyaman dan tidak sesuai standar untuk industri kecil di Indonesia. Akibat dari kurangnya pencahayaan ini, pekerja memgalami beberapa kesulitan. diruang peleburan adalah susahnya melihat saat menuang kuningan sehingga tak jarang kuningan meluber dari cetakan. Pekerja juga jadi kurang awas dengan cetakan tanah liat yang bocor sehingga kurang cepat dalam mengambil tindakan. Pekerja juga kesulitan dalam melihat detail klinting yang cacat saat klinting dikeluarkan dari cetakan dengan proses pemecahan cetakan sedangkan pada ruang kerja finishing pekerja mengalami kesulitan untuk melihat detail-detail finishing sehingga perlu pengecekan berulang kali. Rantyo Abadi Cor Kuningan memerlukan adanya perbaikan untuk mencapai pencahayaan yang standar. Penelitian ini menggunakan Metode Lumen (Lumen Method atau Zonal Cavacity Method, ZCM). Langkah-langkah penelitian secara berurutan meleiputi penentuan obyek penelitian, rumusan masalah, tujuan penelitian, pengumpulan data, teknik pengolahan data, redesain dan implementasi perbaikan pencahayaan, analisis hasil dan pemberian kesimpulan serta saran terhadap penelitian berikutnya. Pengolahan data dalam penelitian ini menunjukkan bahwa kebutuhan pencahayaan di ruang kerja peleburan sebanyak 10 lampu dan ruang kerja fnishing sebanyak 12 lampu. Implementasi pencahayaan ini menggunakan lampu berdaya 25 watt denga lumen 2250 lumen. Kesimpulan dari hasil implementasi mampu menaikkan tingkat pencahayaan siang hari di ruang finishing dari 60,07 lux menjadi 420,9 lux sedangkan pada ruang peleburan dari 93,7 lux menjadi 283,7 lux. Pada malam hari implementasi pencahayaan dapat menaikkan tingkat pencahayaan ruang finishing dari 59,27 menjadi 657,47 lux dan ruang peleburan dari 30,13 lux menjadi 432,7 lux.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Pencahayaan, Metode Lumen
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Nurul Alifah Rahmawati
Date Deposited: 23 Sep 2019 07:19
Last Modified: 23 Sep 2019 07:19
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/21192

Actions (login required)

View Item View Item