PENGARUH APLIKASI PUPUK TEPUNG TULANG AYAM DAN BAHAN ORGANIK TERHADAP KETERSEDIAAN FOSFOR DAN KALSIUM LATOSOL SERTA PERTUMBUHAN JAGUNG

YULIAWATI, SETYO DITA (2019) PENGARUH APLIKASI PUPUK TEPUNG TULANG AYAM DAN BAHAN ORGANIK TERHADAP KETERSEDIAAN FOSFOR DAN KALSIUM LATOSOL SERTA PERTUMBUHAN JAGUNG. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (44kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (235kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (29kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (29kB) | Preview

Abstract

Tulang merupakan hasil samping yang menyebabkan timbunan limbah tulang. Tulang ayam mengandung Ca 24-30% dan P 12-15%, sehingga dapat dimanfaatkan menjadi sumber P dan Ca, namun belum tersedia. Untuk melarutkannya perlu penambahan bahan organik. Latosol merupakan tanah yang mempunyai kendala dalam ketersediaan P dan Ca. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh tepung tulang ayam dan bahan organik terhadap ketersediaan P dan Ca Latosol serta pertumbuhan Jagung. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Januari - April 2019 di rumah kaca Fakultas Pertanian UPN “Veteran” Yogyakarta, analisis sampel tanah di laboratorium. Penelitian menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dua faktor. Faktor pertama takaran tepung tulang ayam terdiri dari 4 aras: tanpa tepung tulang ayam (A0), tepung tulang ayam 2% (A1), 4% (A2), 6% (A3). Faktor kedua jenis bahan organik terdiri dari 3 aras: tanpa bahan organik (B0), kompos 3% dari berat tanah (B1) dan pupuk kandang 3% dari berat tanah (B2). Masing-masing perlakuan diulang 3 kali, sehingga diperoleh 36 sampel. Hasil penelitian menunjukan pupuk tepung tulang ayam berpengaruh nyata meningkatkan pH H2O, C-Organik, Ptersedia, Ca-tersedia, tinggi tanaman dan berat kering tanaman. Pemberian bahan organik berpengaruh nyata meningkatkan pH H2O, C-Organik, P-tersedia, Catersedia, tinggi tanaman dan berat kering tanaman. Pemberian tepung tulang ayam dan jenis bahan organik berinteraksi meningkatkan Ca-tersedia dan tidak terjadi interaksi terhadap pH H2O, C-Organik, P-tersedia, tinggi tanaman dan berat kering tanaman. Pemberian pupuk tepung tulang ayam 6% dari bahan organik dan kompos 3% dari berat tanah merupakan hasil terbaik terhadap peningkatan ketersediaan P dan Ca Latosol serta pertumbuhan jagung.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: tepung tulang ayam, bahan organik, P, Ca, jagung, Latosol.
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Biological Sciences
Depositing User: Nurul Alifah Rahmawati
Date Deposited: 23 Sep 2019 04:46
Last Modified: 23 Sep 2019 04:46
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/21176

Actions (login required)

View Item View Item