PENGARUH TERPAAN GAME MOBILE LEGENDS: BANG BANG TERHADAP TINGKAT CYBERBULLYING PADA ANAK DI YOGYAKARTA (Studi Pada Siswa Siswi Kelas X dan XI di SMA N 1 Depok Babarsari Yogyakarta)

NUGRAHA, RAKHA ZAYYAN (2019) PENGARUH TERPAAN GAME MOBILE LEGENDS: BANG BANG TERHADAP TINGKAT CYBERBULLYING PADA ANAK DI YOGYAKARTA (Studi Pada Siswa Siswi Kelas X dan XI di SMA N 1 Depok Babarsari Yogyakarta). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (296kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (299kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Pengesahan.pdf

Download (611kB) | Preview
[img] Text
Skripsi FULL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Hiburan yang bermacam-macam bentuknya tidak bisa dipisahkan dari kehidupan masyarakat, video game salah satunya. Muncul berbagai jenis dan judul dari video game. Tak mau ketinggalan, smartphone juga dilengkapi dengan berbagai macam video game yang bisa di unduh secara gratis. Mobile Legends sebagai salah satu game dalam smartphone yang populer di indoensia. Namun dampak negattif yang ditimbulkan oleh video game pun beragam. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan terpaan dari Game Mobile Legends: Bang Bang terhadap tingkat cyberbullying pada anak di Yogyakarta. Teori yang digunakan yaitu teori kultivasi serta konsep cyberbullying. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan menggunakan survey. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa siswi SMAN 1 Depok yang bermain Mobile Legends: Bang Bang. Teknik analisis data menggunakan teknik korelasi product moment, analisis regresi linier sederhana, pengujian signifikansi t, dan koefisien determinasi (R Square). Hipotesis dalam penelitian ini yaitu ada hubungan antara iklim komunikasi terpaan Mobile Legends: Bang Bang terhadap tingkat cyberbullying pada anak. Hasil penelitian diperoleh analisis korelasi product moment masuk dalam kategori kuat yaitu sebesar 0,614. Hasil pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi linier sederhana menunjukkan adanya pengaruh positif dan signifikankedua variabel. Hasil pengujian koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,377, terpaan Mobile Legends: Bang Bang dapat mempengaruhi tingkat cyberbullying 37.7%, sisanya sebesar 62,3% dipengaruhi oleh faktor diluar penelitian ini. Hasil analisis di atas menyatakan bahwa apabila terpaan meningkat maka tingkat cyberbullying juga akan meningkat. Kata Kunci: Anak, Cyberbullying, Mobile Legends, terpaan, teori kultivasi

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 23 Sep 2019 03:56
Last Modified: 23 Sep 2019 03:56
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/21170

Actions (login required)

View Item View Item