PENGARUH OPINI AUDIT, TEMUAN AUDIT, DAN TINDAK LANJUT HASIL AUDIT TERHADAP TINGKAT KORUPSI PADA PEMERINTAH DAERAH DI INDONESIA

Ratna Yani, Dina (2019) PENGARUH OPINI AUDIT, TEMUAN AUDIT, DAN TINDAK LANJUT HASIL AUDIT TERHADAP TINGKAT KORUPSI PADA PEMERINTAH DAERAH DI INDONESIA. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (112kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (243kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (261kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh opini audit, temuan audit, dan tindak lanjut hasil audit terhadap tingkat korupsi pada pemerintah daerah di Indonesia. Penelitian ini menggunakan data panel dengan sampel 33 pemerintah daerah provinsi yang terindikasi terdapat korupsi yang ditangani oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) selama periode tahun 2014-2017. Pemilihan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode purposive sampling. Pengujian data dalam penelitian ini menggunakan uji asumsi klasik dan analisis korelasi. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda. Penelitian ini menggunakan data sekunder yang berasal dari laporan hasil pemeriksaan Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia atas laporan keuangan pemerintah daerah tahun anggaran 2014-2017 dan laporan tahunan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Hasil Penelitian ini menunjukan bahwa opini audit oleh Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) tidak berpengaruh terhadap tingkat koupsi sedangkan jumlah temuan audit dan tindak lanjut hasil audit berpengaruh terhadap tingkat korupsi. Tindak lanjut hasil pemeriksaan terbukti berpengaruh terhadap tingkat korupsi. Hal ini menunjukan bahwa hasil audit dapat digunakan sebagai deteksi awal terjadinya tindakan korupsi di pemerintah daerah provinsi dan juga keparahan tingkat korupsi dapat mengindikasikan banyaknya temuan audit di instansi tersebut. Selain itu, upaya dalam melakukan perbaikan sesuai dengan rekomendasi auditor secara signifikan dapat menurunkan tingkat korupsi. Kata kunci: Tingkat korupsi, opini audit, temuan audit, tindak lanjut hasil audit, Pemerintah Daerah Provinsi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 20 Sep 2019 08:17
Last Modified: 20 Sep 2019 08:17
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/21163

Actions (login required)

View Item View Item