RANCANGAN TEKNIS REKLAMASI LAHAN PENAMBANGAN ANDESIT DI DESA PARE, KECAMATAN SELOGIRI, KABUPATEN WONOGIRI, PROVINSI JAWA TENGAH

Aryapradipto, Muhammad (2019) RANCANGAN TEKNIS REKLAMASI LAHAN PENAMBANGAN ANDESIT DI DESA PARE, KECAMATAN SELOGIRI, KABUPATEN WONOGIRI, PROVINSI JAWA TENGAH. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar pengesahan.pdf

Download (462kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar isi.pdf

Download (72kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Intisari.pdf

Download (39kB) | Preview

Abstract

Kegiatan penambangan andesit di Desa Pare, Kecamatan Selogiri, Kabupaten Wonogiri yang sedang berjalan menimbulkan tebing yang terjal akibat aktivitas penambangan. Kegiatan penambangan ini dilakukan dengan sistem penambangan terbuka. Penelitian bertujuan untuk menganalisa tingkat kerusakan lahan pada lahan penambangan andesit, melaksanakan perancangan teknis reklamasi pada wilayah penambangan dan menganalisa kualitas tanah setelah penambangan yang berguna pada tahap perancangan reklamasi. Metode yang digunakan adalah metode survei dan pemetaan. Kondisi eksisting lahan diukur dan diamati langsung di lapangan sebagai data primer, dilakukan pengukuran menggunakan meteran, kompas dan GPS pada parameter kedalaman lubang galian, batas tepi galian, relief dasar galian, kemiringan tebing galian, tinggi dinding galian, pengembalian tanah pucuk, vegetasi dan kondisi jalan. Metode pengukuran tingkat kerusakan lahan menggunakan metode pengharkatan, berdasarkan parameter-parameter kriteria kerusakan lingkungan yang mengacu pada Keputusan Gubernur DIY No.63 Th. 2003. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan metode grid, sampel tanah dianalisis di laboratorium untuk mengetahui kandungan unsur kimia tanah. Hasil penelitian menujukan bahwa kesesuaian lahan penambangan andesit sesuai dengan RTRW Kabupaten Wonogiri untuk dijadikan wilayah hutan produksi khususnya tanaman jati, dengan faktor pembatas media perakaran (rc) dengan nilai N1 (tidak sesuai untuk saat ini) yang dapat diperbaiki dengan cara penanaman jati mengguna kan sistem pot 30cm x 30cm x 30cm. Kerusakan lahan pada lokasi penelitian terbagi tiga, yaitu kerusakan lahan baik, sedang dan berat. Kerusakan lahan baik terdapat pada daerah yang belum ditambang, sedang pada lubang dan relief galian serta tingkat kerusakan lahan berat pada tinggi dan kemiringan dinding galian. Pengelolaan untuk memperbaiki fungsi lahan adalah dengan perancangan teknis reklamasi lahan penambangan andesit sesuai tingkat kerusakan lahan menggunakan metode teras bangku dengan cara melakukan pengaturan bentuk lereng dan juga melakukan revegetasi dengan menggunakan pohon jati dan tutupan lahan untuk jenjang menggunakan rumput vertivier dan untuk teras rumput teki pada lahan reklamasi.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: lahan penambangan, kerusakan lahan, reklamasi
Subjects: T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Civil Engineering and the Environment
Depositing User: Nurul Alifah Rahmawati
Date Deposited: 20 Sep 2019 07:57
Last Modified: 20 Sep 2019 07:57
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/21159

Actions (login required)

View Item View Item